Jokowi Sebut Industri Film Nasional Kekurangan Kru

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 29 Mar 2018, 09:54 WIB
Diperbarui 29 Mar 2018, 09:54 WIB
Hanz Jimenez Salim/liputan6.com
Perbesar
Presiden Jokowi mendatangi mal di Malang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan bahwa industri perfilman di Tanah Air saat ini kekurangan kru. Hal ini disampaikan Jokowi usai menonton film Yowis Ben di Malang Town Square, Malang, Jawa Timur, Rabu malam.

"Pembuatan film ini kekurangan kru. Kru-kru film ini kurang," ungkap Jokowi usai menyaksikan film hasil karya vlogger Bayu Skak, Rabu (28/3/2018) malam.

Padahal, menurut Presiden, industri perfilman di Tanah Air saat ini mengalami peningkatan yang signifikan. Contohnya, kata dia, gedung bioskop yang bertambah 50 persen dan meningkatnya jumlah film yang diproduksi setiap tahunnya.

"Saya kira loncatan yang bagus. Tapi harus kita isi kekurangan-kekurangan yang ada," ucap Jokowi.

Presiden berpendapat peningkatan di industri perfilman ini mampu memberikan kesempatan bagi para pembuat film untuk terus berkarya.

"Artinya membuat film itu untung," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Sementara, Jokowi mengaku pihaknya sudah memiliki cara untuk memenuhi kebutuhan kru di industri film. Satu di antaranya dengan memperbaiki sarana dan prasarana di 120 SMK jurusan perfilman.

"Tapi baru diperbaiki, direvitalisasi baru 18 SMK. Ini masih perlu perbaikan sarana, prasarana. Sehingga kekurangan kru dalam film bisa kita isi secepat-cepatnya. Tadi sudah saya sampaikan ke Mendikbud untuk diselesaikan," tandas Jokowi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kunjungi Malang Town Square

Jokowi Nonton Dilan 1990
Perbesar
Presiden Joko Widodo usai menonton film Dilan 1990 di Senayan City, Jakarta, Minggu, (25/2). Usai menonton Dilan, Jokowi menyapa warga yang tengah berkunjung di mal tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Jokowi membuat heboh pengunjung Malang Town Square (Matos). Sebab, Jokowi tiba-tiba datang ke mal tersebut untuk menonton film komedi. Pantauan di lokasi pada Rabu malam, Jokowi dan rombongan tiba di Matos sekitar pukul 20.00 WIB.

Sontak, kedatangan Jokowi langsung disambut semua pengunjung yang berada di dalam mal. Tak terkecuali para pekerja mal tersebut. Kamera ponsel mereka tak lepas membidik Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak sungkan menyalami para pengunjung mal. Meskipun, dia dan rombongan dikawal ketat oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang itu juga beberapa kali melayani permintaan warga yang ingin berswafoto. Sambil tersenyum, Jokowi memandang kamera ponsel milik para pengunjung.

Pemandangan ini terlihat hingga Jokowi tiba di depan Bioskop Cinemaxx, tepatnya di lantai 3 Malang Town Square. Jokowi kemudian langsung memasuki studio 4.

Sejumlah Menteri turut mendampingi Jokowi saat menonton film berjudul Yowis Ben ini. Mereka adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Lanjutkan Membaca ↓