Dibekukan, Abu Tours Tetap Berangkatkan 300 Calon Jemaah Umrah

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 28 Mar 2018, 13:25 WIB
Diperbarui 28 Mar 2018, 14:31 WIB

Liputan6.com, Sulawesi Selatan - Kementerian Agama membekukan izin empat biro perjalanan umrah dan haji yang bermasalah, salah satunya Abu Tours. Meski begitu, sore ini rencananya 300 calon jemaah Abu Tours tetap akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Rabu (28/3/2018), 300 calon jemaah umrah Abu Tours, yang menambah biaya keberangkatan sebesar Rp 15 juta telah menanti sejak pukul 09.00 WITA, di Terminal Keberangkatan Bandara Internasional Hasanuddin Maros, Sulawesi Selatan.

Mereka dijanjikan berangkat ke Tanah Suci pukul 15.00 WITA. 300 koper milik jemaah juga sudah masuk ke bagasi keberangkatan.

Calon jemaah umrah bernama Hasma mengaku diberitahu oleh Abu Tour untuk berkumpul di bandara. "Saya disuruh kumpul di bandara pukul 10.00 WITA," katanya.

Sementara, pemilik Abu Tours tengah menghadapi proses hukum atas dugaan penipuan dan penggelapan dana lebih dari 86 ribu calon jemaah senilai Rp 1,8 triliun.

Secara resmi Kementerian Agama telah membekukan empat biro perjalanan ibadah umrah dan haji yang terbukti menipu dan menelantarkan calon jemaah. Keempat biro perjalanan ini dicabut izinnya adalah Abu Tours di Makassar, Solusi Balad Lumampah di Bandung, Mustaqbal Prima Wisata di Cirebon dan Interculture Tourindo di Jakarta. Meski izinnya dicabut, keempat biro perjalanan masih harus memenuhi kewajiban terhadap calon jemaah.

Live Streaming

Powered by