Sukses

Menteri PUPR Keluarkan Rekomendasi Terkait Kecelakaan Kerja Rusun Pasar Rumput

Menteri Basuki Sampaikan Rekomendasi Kepada Menteri BUMN Terkait Kecelakaan Kerja Rusun Pasar Rumput

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyampaikan rekomendasi kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, selaku pembina BUMN Karya, terkait kecelakaan kerja pada proyek pembangunan rumah susun (rusun) Pasar Rumput, Jakarta, yang dikerjakan oleh PT. Waskita Karya pada Minggu (18/3/2018). Rekomendasi ini diberikan berdasarkan hasil evaluasi Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) pada Jumat (23/3/2018).

Ada tiga poin yang dibahas dalam rekomendasi tersebut. Pertama, PT Waskita Karya selaku kontraktor rusun Pasar Rumput agar memastikan keamanan masyarakat dengan menambah safety net vertical di seluruh sisi bangunan, menambah safety deck di lantai dan segmen tertentu, menyempurnakan metode dan Standar Operasi Prosedur (SOP) Pelaksanaan Pekerjaan dan memastikan SOP dilaksanakan secara konsisten, serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar bahwa proyek telah memperhatikan syarat–syarat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Kedua, PT. Waskita Karya harus melakukan upaya tindak lanjut dengan melakukan risk assessment ulang melalui Rencana Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kontrak (RK3K) dan menyempurnakan SOP, menyiapkan respons tertulis dan langkah–langkah dalam bentuk rencana kerja khusus di bidang K3 yang dilengkapi gambar kerja, menyusun rencana pengawasan internal terkait penerapan K3, menyiapkan bahan sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana lanjutan pekerjaan pasca kejadian, dan memperkuat tim sosialisasi dari aspek social engineering.

Ketiga, kepada Menteri BUMN untuk memberikan sanksi PT. Waskita Karya dengan mengganti Kepala Proyek Rusun Pasar Rumput.

Selain ketiga rekomendasi tersebut, Komite K2 juga memberikan rekomendasi kepada konsultan manajemen konstruksi PT. Ciriajasa Cipta Mandiri untuk mendukung kontraktor dalam menciptakan rasa aman kepada masyarakat serta memastikan seluruh rekomendasi dilaksanakan kontraktor.

Komite K2 juga memberikan rekomendasi kepada Satuan Kerja Pengembangan Perumahan untuk memastikan kontraktor dan konsultan manajemen konstruksi melaksanakan seluruh butir rekomendasi dan meningkatkan pengawasan.

Sebagai informasi, rusun Pasar Rumput dibangun oleh Kementerian PUPR dan ditargetkan rampung pada akhir 2018. Rusun tersebut terdiri dari tiga tower dengan jumlah 1.985 unit tipe 36.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini