Sukses

Arief Hidayat Diambil Sumpah sebagai Ketua MK Siang Ini

Proses Arief Hidayat menjadi Ketua MK untuk kedua kalinya sempat menuai kontroversi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat akan kembali diambil sumpahnya sebagai hakim konstitusi, Selasa (27/3/208) siang. Pelantikan kali ini untuk masa jabatan 2018-2023.

"Prof Arief akan mengucap sumpah sebagai hakim konstitusi, masa jabatan 2018-2023," ucap juru bicara MK Fajar Laksono ketika dikonfirmasi, Senin (26 Maret 2018).

Pelantikan dijadwalkan akan dilakukan pada pukul 14.00. Prosesi itu akan dilakukan di hadapan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Masa jabatan kedua Arief sebagai ketua MK ini sempat menuai polemik. Pasalnya, sebelum dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR, Arief disebut bertemu dengan para Komisi III.

Fakta itu dibenarkan oleh Dewan Etik MK. Namun, Arief hanya diberi sanksi teguran, lantaran bertemu tanpa undangan.

Hal inilah yang menuai pro dan kontra. Banyak yang menilai Arief tak pantas melakukan hal tersebut dan diminta melengserkan jabatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.