Sukses

Tak Hanya di Marunda, Limbah Busa Muncul di Kali Ancol

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno akan mensosialisasikan cara menangani limbah rumah tangga kepada warga terkait limbah busa yang ada di aliran KBT.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya di kali aliran Kanal Banjir Timur (KBT), Marunda, Jakarta Utara, busa limbah juga menumpuk di Kali Ancol Pademangan, Jakarta Utara.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (26/3/2018), busa-busa timbul setiap kali petugas pompa air Kali Ancol melakukan pemompaan air Kali Ancol ke muara.

Limbah busa bahkan kerap beterbangan ke jalan raya saat tertiup angin. Selain itu, mereka juga sulit hilang atau meninggalkan noda jika terkena pakaian dan terasa lengket di kulit.

Petugas pompa air Kali Ancol berharap agar dinas kebersihan lingkungan hidup bisa melakukan pengecekan untuk mengetahui apakah busa-busa ini berbahaya atau tidak.

Sementara itu, menurut wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno, busa di KBT Marunda adalah limbah rumah tangga dan industri rumahan seperti laundry yang menggunakan deterjen.

Sandiaga berencana menemui para pengusaha Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk mensosialisasikan cara menangani limbah rumahan.