Sukses

Kapolda: Polantas Harus Selalu Ada di Situasi Macet Jakarta

Dengan adanya anggota polisi, lanjutnya, diharapkan dapat mengurai kemacetan juga meredam emosi para pengguna jalan.

Liputan6.com, Jakarta Kemacetan di ibu kota Jakarta kian hari kian parah. Berbagai cara dilakukan kepolisian untuk mengatasi kemacetan, salah satunya dengan menerapkan peraturan ganjil genap pelat kendaraan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis mengungkapkan, salah satu penyebab kemacetan yakni banyaknya kendaraan di Jakarta. Saat ini ada 7,1 juta sepeda motor dan 2,4 juta mobil di Jakarta. Kemacetan makin para karena banyaknya proyek pembangunan yang hingga kini belum tuntas dikerjakan.

"Tadi kan dengar kan Pak Gubernur (Anies Baswedan), jumlah kendaraan hari ini di Jakarta, motor 7,1 juta, mobil 2,4," ujar Idham di Mapolda Metro Jaya, Senin (26/3/2018).

Untuk itu, pihaknya membentuk tiga satgas untuk mengurai kemacetan di Jakarta. Dia mengatakan di manapun titik kemacetan di daerah Jakarta harus selalu ada petugas kepolisian.

"Prinsipnya Polda Metro Jaya seperti ini di manapun kemacetan yang penting kehadiran anggota itu kebijakan saya. Kehadiran anggota harus selalu ada di situasi macet ini, kalau enggak ada anggota para pengguna jalan makin emosi mungkin ya, kalau ada anggota lebih tenang. Saya membentuk satgas keselamatan lalu lintas, satgas pengurai macet, satgas pengurai laka lantas semua kita bentuk," kata Idham.

Dengan adanya anggota polisi, lanjutnya, diharapkan dapat mengurai kemacetan juga meredam emosi para pengguna jalan.

"Kehadiran anggota di tengah-tengah kemacetan itu sedikit membuat masyarakat tenang sambil menanti pemerintah memikirkan bagaimana penambahan ruas jalan karena kan memang penambahan jumlah mobil, motor dengan ruas jalan tidak berbanding lurus," kata Idham.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.