Pertamina Masih Gembok Mesin SPBU Diduga Curang di Condet

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 26 Mar 2018, 12:42 WIB
Diperbarui 26 Mar 2018, 13:25 WIB

Patroli, Jakarta - Mesin pengisian bahan bakar jenis Pertalite yang berada di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) di Jalan Raya Condet, Jakarta Timur, hingga Senin pagi masih digembok pihak Pertamina. Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (26/3/2018), SPBU yang berada di Jalan Raya Condet, Senin pagi, masih beroperasi seperti biasa.

Namun salah satu mesin pengisian bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis Pertalite tidak beroperasi. Bahkan, mesin tersebut tampak digembok oleh Pertamina. Penggembokan dilakukan karena dugaan adanya kecurangan.

Namun, dugaan tersebut dibantah pengelola SPBU.

"Kami tidak bisa menyalahkan operator atau mesinnya. Kita tidak menuduh juga. Bisa saja mesinnya dimodifikasi. Saya juga tidak tahu. Yang saya tahu dari kemarin tidak ada masalah," kata pengelola SPBU Condet Aripin.

Dugaan terjadinya kecurangan di SPBU di Jalan Raya Condet menjadi perbincangan warganet beberapa hari terakhir setelah rekaman video diunggah ke media sosial. Dalam rekaman tersebut mobil minibus mengisi bahan bakar minyak jenis Pertalite hingga mencapai 78 liter. Sementara, kapasitas tangki mobil hanya 60
liter.

Untuk kepuasan pelanggan, Pertamina telah melakukan pengujian dengan hasil telah sesuai standar. Rencananya pengujian akan kembali dilakukan oleh Balai Metrologi.