Sukses

Hadiri Haul Ulama Kharismatik Kalsel, Jokowi Dikawal Pasukan Baju Putih

Sebanyak 3.000 personel dikerahkan untuk mengawal acara yang di hadiri oleh Jokowi dan sejumlah tokoh di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi akan menghadiri acara Haul KH Zaini Abdul Ghani ke-13 yang di gelar di Sekumpul, Kota Martapura, Kalimantan Selatan, hari ini. Ribuan personel gabungan diturunkan untuk mengamankan acara tersebut.

Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Dansatgas Pamwil) Pengamanan Presiden Kolonel Inf Yudianto Putrajaya mengatakan, personel gabungan dari TNI, Polri, dan pengamanan di daerah sudah disiagakan sejak Sabtu kemarin.

"Jumlah seluruh personel gabungan 3.000 orang dan seluruhnya sudah siaga pada titik yang ditetapkan," ujar Yudianto di halaman kantor Gubernur Kalsel, Banjar Baru Sabtu, 24 Maret 2018.

Menurut Komandan Resimen Induk (Danrem) 101/Antasari itu, pengamanan Jokowi meliputi kehadiran di acara haul KH Zaini Abdul Ghani ke-13 di Sekumpul Kota Martapura, Minggu malam.

Dia mengatakan, petugas keamanan yang diturunkan di acara haul ulama kharismatik Kabupaten Banjar, Kalsel itu disiapkan khusus menyesuaikan kegiatan keagamaan yang kental nuansa religius.

"Petugas keamanan khusus disiapkan melakukan pengamanan presiden selama mengikuti haulan. Petugas mengenakan baju koko dan peci putih menyesuaikan dengan jamaah," ucap Yudianto seperti dilansir dari Antara.

Dia menjelaskan, petugas berpakaian putih-putih itu khusus ditugaskan untuk mengamankan jalur dilintasan Jokowi menuju Musala Ar Raudhah yang menjadi pusat haul Abah Guru Sekumpul.

"Jumlah petugas khusus disesuaikan dan mereka akan mengawal presiden di sepanjang jalur yang dilintasi. Namun, keberadaan mereka tidak mengganggu kekhusu'an jamaah," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramah dan Sopan

Yudianto menjamin petugas khusus pengamanan presiden itu bersikap sopan dan ramah saat mengamankan jalur yang dilintasi kepala negara, sehingga jemaah tetap nyaman.

"Jangan sampai mengganggu kekhusyu'an jemaah yang jumlahnya diperkirakan mencapai 1,5 juta orang," tegasnya.

Sebelumnya, Kapolda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana mengatakan, pihaknya siap mengamankan kedatangan Presiden dan sesuai protap, personel kepolisian berada di ring 3 dan ring 4.

"Kami melakukan pengamanan di ring 3 dan ring 4 dibantu relawan sebanyak 10.850 orang dan petugas dari dinas dan instansi terkait lain totalnya mencapai 14.175 orang," ujar Kapolda.

Selain menghadiri haul Abah Guru Sekumpul, Presiden juga melakukan kunjungan kerja di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar sepanjang hari Senin 26 Maret sebelum balik ke Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini