Sukses

KPK: Mata Kiri Novel Baswedan Sudah Bisa Lihat Bayangan Jari Digerakkan

Besok pagi dokter akan melakukan pemeriksaan kembali dan diharapkan Novel Baswedan sudah diperbolehkan keluar RS untuk melakukan rawat jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menjalani operasi mata di Singapura pada Jumat, 23 Maret 2018. Operasi berlangsung dengan baik.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pada hari ini, Sabtu (24/3/2018) pukul 08.00 waktu Singapura, dokter yang menangani Novel menyampaikan perkembangan mata penyidik KPK itu.

"Hasil operasi baik, mata kiri Novel sudah dapat melihat bayangan jari digerakkan dan bayangan tubuh. Proses perbaikan penglihatan mata kiri ini butuh waktu (karena baru kemarin operasi dilaksanakan)," kata Febri dalam keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan, terkait pendarahan di dalam mata yang ditemukan pada operasi kemarin, dokter meminta Novel Baswedan ke klinik untuk dilakukan USG dan konsultasi dengan dokter ahli retina. Kemudian pukul 09.00, Novel Baswedan menuju ke klinik untuk dilakukan USG oleh dua dokter ahli.

"Terlihat ada bekuan darah yang posisinya bukan di retina sehingga kondisi retina aman. Kondisi ini akan dipastikan kembali pada pemeriksaan-pemeriksaan selanjutnya," kata dia.

Febri mengatakan, kondisi terburuk terkait pendarahan ini, yakni apabila beberapa minggu ke depan penglihatan terganggu karena pembekuan darah, maka Novel Baswedan akan menjalani operasi pengambilan bekuan.

"Namun, dokter tidak berharap itu terjadi," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Singapura 3-4 Minggu

Selain itu, karena baru selesai operasi kemarin, maka masih terdapat pembengkakan pada lapisan gusi pada mata kiri. Pembengkakan akan membaik dalam beberapa hari ke depan. Lensa dan gusi akan tumbuh rata, kondisi sekarang lensa berada agak di dalam lapisan gusi.

"Besok pagi dokter akan melakukan pemeriksaan kembali dan diharapkan Novel sudah diperbolahkan keluar RS untuk melakukan rawat jalan dan harus tetap tinggal di Singapura kurang lebih 3-4 minggu ke depan untuk kontrol rutin.

"Operasi berjalan baik dan sukses. Diharapkan beberapa hari ke depan penglihatan mata kiri berangsur membaik," Febri menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.