Usai Kerusuhan, Polisi Jaga Ketat Lapas Kelas I Kesambi Cirebon

Oleh Sunariyah pada 22 Mar 2018, 05:28 WIB

Fokus, Cirebon - Pasca-kerusuhan napi di Lapas Kelas 1 Kesambi Kota Cirebon, Rabu siang hingga malam, puluhan petugas kepolisian masih bersiaga di lokasi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (22/3/2018), puluhan polisi masih berjaga pasca kerusuhan napi di Lapas Kelas 1 Kesambi. Mereka ditempatkan di sejumlah titik mulai dari pintu masuk hingga ke bagian belakang lapas yang dihuni lebih dari 800 napi.

Polisi juga melakukan patroli berkala guna mencegah situasi memanas pasca kerusuhan yang melibatkan hampir seluruh napi.

Sejauh ini situasi berangsur-angsur kondusif. Seluruh napi yang sebelumnya melakukan penyerangan dengan melempar batu dan kayu telah kembali ke kamarnya masing-masing.

"Petugas datang untuk mem-backup, mungkin bisa sampai malam. Menurut saya tidak perlu di-backup karena teman-teman narapidana sudah kondusif semua," ujar Kalapas Kelas I Kesambi Heni Yuwono.

Kerusuhan di Lapas Kelas I Kesambi terjadi Rabu 21 Maret siang. Ratusan narapidana melempari petugas dengan kayu dan batu. Kerusuhan dipicu razia telepon genggam yang dilakukan petugas ke salah satu blok, namun mendapat perlawanan.