Sukses

Din Syamsuddin Ungkap Ciri Khas Negara yang Akan Bubar

Din Syamsuddin mengatakan Indonesia tengah diancam dengan paham di luar Pancasila.

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin, mengatakan Indonesia tengah diancam dengan paham di luar Pancasila. Apabila tak disikapi dengan tepat, kondisi itu bisa mengancam kedaulatan bangsa.

"Jadi tantangan itu tidak hanya berada di luar tapi juga di dalam, dan ini kita ingin bangsa ini sadar dengan ancaman berbentuk isme-isme yang bertentangan dengan Pancasila," kata Din Syamsuddin saat menggelar Rapat Pleno Dewan Pertimbangan MUI di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Rabu (21/3/2018).

Selain ancaman terkait paham-paham itu, Indonesia juga diminta waspada soal gangguan serius lainnya agar negara tidak runtuh atau bubar. Gangguan itu berupa narkoba dan tindak pidana korupsi.

"Jadi bila dibiarkan, ini yang disebut ciri khas sebuah negara akan runtuh," jelas dia.

Karenanya dalam rapat tersebut, Dewan Pertimbangan MUI turut mengundang perwakilan TNI yang dihadiri oleh Inspektur Jenderal TNI Mayjen Muhamad Herindra.

"Nah ini lah yang kita ingin, kita berdialog dengan TNI dan pihak berkepentingan untuk menjaga kedaulatan negara," ujar Din Syamsuddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.