Sukses

KPK: Penglihatan Mata Kanan Novel Baswedan Menurun

Febri menyebut jika kondisi Novel terus membaik dan dipandang layak, maka operasi tahap kedua akan dilakukan pada Jumat, 23 Maret 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menjalani pemeriksaan jelang operasi tahap kedua mata kirinya. Berdasarkan hasil kontrol mata yang dilakukan dua dokter ahli, terdapat masalah di kornea mata sebelah kanan Novel.

"Hasil secara umum, tekanan kedua bola mata baik, penglihatan mata kanan menurun. Ada masalah di kornea mata kanan juga," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (20/3/2018).

Kendati begitu, Febri mengatakan dokter akan lebih fokus menangani mata kiri mantan Kasatgas e-KTP itu. Sebab, mata kiri Novel Baswedan yang akan dipasangkan artificial cornea dalam operasi tahap kedua.

"Retina kedua mata baik untuk persiapan operasi tahap 2," jelasnya.

Menurut dia, Novel masih harus melakukan kontrol mata lanjutan pada Rabu besok. Febri menyebut jika kondisi Novel terus membaik dan dipandang layak, maka operasi tahap kedua akan dilakukan pada Jumat, 23 Maret 2018.

"Mohon doa dan dukungan untuk proses pengobatan ini. Novel Baswedan didampingi tim KPK selama di Singapura," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalani Operasi Besar

Sebelumnya, Sahabat Novel, Dahnil Azhar Simanjuntak yang juga Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, mengatakan operasi tahap kedua berbeda dengan operasi sebelumnya. Kali ini, dokter akan melakukan operasi besar pada matanya.

Operasi besar ini nantinya fokus pada penambahan implan kornea pada mata Novel Baswedan. Implan ini nantinya membuat mata mantan polisi berpangkat komisaris itu terlihat putih dengan satu titik hitam di tengahnya.

Novel mengalami serangan air keras pada 12 April 2017 pagi usai salat subuh di Masjid Al Ihsan. Novel Baswedan diserang dua orang yang mengendarai sepeda motor dengan air keras, tak jauh dari kediamannya di Jalan Deposito, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.