Sukses

Pidato di Selandia Baru, Jokowi Pamer Punya 8 Menteri Perempuan

Jokowi menyinggung kesetaraan gender dalam perbincangan dengan Gubernur Jenderal Selandia Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menghadiri pertemuan dengan Gubernur Jenderal Selandia Baru, Dame Patsy Reddy di Government House, Wellington, Senin (19/3/2018). Sejumlah hal dibahas dalam pertemuan ini.

"Saya mendapatkan informasi mengenai ketertarikan Yang Mulia di bidang gender equality. Walaupun penduduk kami mayoritas Muslim, namun kemajuan wanita di Indonesia sangat luar biasa," kata Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Jokowi mengatakan, dirinya adalah seorang champion dalam kampanye HeForShe. Kampanye ini adalah sebuah gerakan yang diluncurkan oleh UN Women, organisasi PBB yang didedikasikan untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, sejak 2014.

"Saya memiliki 8 menteri wanita dari 34 menteri dan mereka memegang portofolio yang strategis," ucap Jokowi.

Selain isu kesetaraan gender, dalam pertemuan itu Jokowi juga menyampaikan pentingnya peningkatan kerjasama di bidang ekonomi.

Bidang energi terutama geotermal, contohnya, adalah salah satu bidang kerja sama yang sudah lama dilakukan Indonesia dan Selandia Baru. Kerja sama ini sendiri sudah mulai dilakukan sejak tahun 1970, termasuk pembangunan power plant.

Isu terakhir yang disampaikan Presiden Jokowi dalam pidatonya ini adalah kerja sama antarmasyarakat atau people to people contact. Tercatat 5.500 warga negara Indonesia (WNI) tinggal di Selandia Baru, 1.290 orang di antaranya adalah mahasiswa yang sedang belajar di berbagai sekolah dan universitas.

"Terima kasih telah memperlakukan para Warga Negara Indonesia dan pelajar Indonesia dengan baik", terang Jokowi.

Di akhir pidatonya, Jokowi mengundang David Gascoigne yang merupakan suami Gubernur Jenderal Patsy Reddy untuk datang ke Indonesia.

"Saya yakin Yang Mulia akan menyukai Indonesia yang memiliki banyak sekali ragam budaya dan seni. Saya tunggu kehadiran Yang Mulia di Indonesia," tutup Jokowi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut Upacara Kenegaraan

Presiden Joko Widodo memperoleh sambutan hangat pada penyambutan kenegaraan yang diadakan di Government House, Wellington.

Bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta sejumlah delegasi, Presiden tiba di Government House pukul 10.30 waktu setempat atau pukul 04.30 WIB. Rombongan diterima oleh Sekretaris Resmi Gubernur Jenderal Selandia Baru, Gregory Baughen.

Rombongan Jokowi terdiri dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.