Nyepi, Calon Wisatawan ke Bali Tertahan di Pelabuhan Ketapang

Oleh Rita Ayuningtyas pada 17 Mar 2018, 20:45 WIB
Diperbarui 17 Mar 2018, 20:45 WIB

Fokus, Bali - Seluruh umat Hindu di Bali hari ini melaksanakan Catur Brata Penyepian. Selama pelaksanaan Hari Raya Nyepi seluruh aktivitas warga terhenti, termasuk layanan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, jalan tol, hingga di Pelabuhan Ketapang.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Sabtu (17/3/2018), seluruh umat Hindu, sejak pukul 06.00 Wita sudah menjalankan Catur Brata Penyepian, di mana ada empat pantangan. Yakni, amati geni atau tidak menyalakan penerangan, amati karya atau tidak melakukan aktivitas, amati lelungan atau tidak bepergian, dan amati lelanguan atau tidak bersenang-senang.

Suasana sepi juga meliputi Tol Bali Mandara yang berada di wilayah Desa Adat Tuban. Tak berbeda halnya dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Selain di Bali, Pelabuhan Ketapang yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Bali yang berada di Banyuwangi juga ditutup total.

Kendaraan maupun penumpang yang terjebak dalam pelabuhan terpaksa harus menunggu melanjutkan perjalanan pada Minggu pagi. Seperti dialami bus angkutan pariwisata asal Jawa Barat yang harus bersabar melanjutkan perjalanan ke Bali.

Hari Raya Nyepi kali ini bertepatan dengan pelaksanaan Hari Saraswati. Sehingga sebelum memasuki Catur Brata Penyepian, umat Hindu menggelar persembahyangan Hari Saraswati.