Sukses

Mengaku Tentara AS, 5 Warga Nigeria Tipu Wanita Lewat Medsos

Pelaku menjalankan modus penipuan dengan mengaku sebagai tentara yang sedang menjalani misi PBB.

Liputan6.com, Jakarta - Lima warga negara asal Nigeria diciduk Petugas Imigrasi Soekarno-Hatta setelah menipu secara online dengan modus mengaku sebagai tentara dan merayu calon korbannya.

Kelima tersangka adalah RCO (33), MIC (32), PK (34), CCE (29), dan FE (29). Sasaran mereka adalah wanita yang mudah dirayu untuk kemudian ditipu melalui media sosial.

"Mereka kami tangkap di sebuah apartemen wilayah Tangerang. Setelahnya kami menyita barang bukti empat laptop dan ada tujuh handphone," ujar Kepala Imigrasi Soekarno-Hatta Enang Syamsi, Jumat (16/3/2018).

Enang juga menjelaskan, mekanisme penipuan online yang dilakukan berawal dari berkenalan melalui media sosial dengan wanita, merayu, hingga wanita terpana dan jatuh hati kepadanya.

Jadi, antarpelaku dan korbannya berpacaran di dunia maya mengaku sebagai tentara di Amerika Serikat. Lalu mengaku tengah bertugas untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Pelaku mengunduh foto sakit, sampai si perempuan mengirim sejumlah uang, jadi penipu," ungkap Enang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korban WNA

Tipu daya tersebut ternyata membuat luluh para wanita di luar sana, bukan warga Indonesia melainkan WNA.

"Jumlah korban belum terdeteksi, yang jelas korbannya adalah WNA dan bukan di Indonesia," tutur Enang.

Pihak Imigrasi mengimbau agar wanita Indonesia jangan terlalu mempercayai rayuan orang asing, meskipun orang asing tersebut terlihat gagah. Sebab, bisa saja memiliki modus yang sama, menipu.

"Kami imbau masyarakat khususnya wanita, agar tak mudah kebujuk dengan orang asing manapun, sebab mereka akan memacari wanita tapi tujuannya menipu," Enang menadaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.