Sukses

Kapolri Ungkap Makna Penghargaan 3 Matra yang Disematkan Panglima TNI

Tito menekankan pentingnya sinergitas dua institusi negara ini. Karena ke depan, Polri dipastikan membutuhkan bantuan TNI guna menjaga stabilitas keamanan di tengah suhu tahun politik yang menghangat.

Liputan6.com, Jakarta - Seragam kebesaran Kapolri Jenderal Tito Karnavian makin berkilau dengan tiga penghargaan dari tiga matra TNI. Bukan sekedar penghargaan, tapi ada makna simbolis di balik penyerahan penghargaan itu.

"Ini simbolis kerjasama dan kordinasi, dan penyearahan bintang ini bukan sekedar seremonial belaka, kemudian untuk menambah ramai baju bukan ya," ujar Tito di Gedung Soedirman, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (14/3/2018).

Tito menekankan pentingnya sinergitas dua institusi negara ini. Karena ke depan, Polri dipastikan membutuhkan bantuan TNI guna menjaga stabilitas keamanan di tengah suhu tahun politik yang menghangat.

"Pasti Polri meminta bantuan kepada TNI, paling utama adalah pesta demokrasi, Pilkada masuk masa kampanye dan akan ke tahap pemungutan suara di Juni mendatang. Tambah lagi di Agustus sudah tahapan pendaftaran Presiden dan Wakil Presiden, yang membuat iklim politik menghangat," jelas Kapolri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Matra

Tanda bintang kehormatan berasal dari Angkatan Darat, Bintang Kartika Eka Paksi Utama. Kemudian, dari Angkatan Laut bernama Bintang Jalasena Utama, dan Angkatan Udara bernama Tanda Kehormatan Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama.

Penyematan tiga bintang kehormatan ini termaktub dalam surat keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 96/TK Tahun 20187 dan Nomor 4/TK Tahun 2018 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Utama ,Bintanf Jalasena Utama, dan Bintang Bhuwana Paksa Utama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.