Bus Premium Transjakarta, Solusi Ganjil-Genap Tol Cikampek

Oleh Delvira Chaerani Hutabarat pada 12 Mar 2018, 10:30 WIB
Royaltrans

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan kebijakan ganjil-genap di pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur mulai diberlakukan hari ini, Senin (12/3/2018), mulai dari pukul 06.00-09.00 WIB. Guna membantu hal itu, Pemprov DKI Jakarta memberikan layanan bus premium untuk warga yang akan menuju ke Jakarta.

"Saya memerintahkan Dirut Transjakarta untuk mengantisipasi dan mencari solusi. Alhamdulillah Transjakarta langsung respons dengan bus royal premium untuk membantu pengguna kendaraan pribadi ke kendaraan umum," kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Senin (12/3/2018).

Sandiaga berharap, adanya bus premium dapat membantu warga yang bekerja di Jakarta dan tinggal di Bekasi.

"Kita akan lihat dampaknya kepada para pekerja di Jakarta yang kebetulan tinggal di bekasi, jadi itu langkah-langkah dari kami. Mudah mudahan bisa mengurangi beban dari jalan tol Jakarta-Cikampek," ujarnya.

2 of 2

Transjakarta Ikut Sukseskan Ganjil Genap

Dirut PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono mengatakan Pemprov ingin ikut berpartisipasi menyukseskan program ganjil-genap Tol Cikampek.

"Transjakarta akan mengoperasikan 20 bus premium, Royaltrans, untuk melayani masyarakat," kata Budi

Bus Royaltrans memiliki kapasitas untuk penumpang duduk sebanyak 30 pelanggan dan penumpang berdiri 13 penumpang. Tarif yang dipatok adalah Rp 20 ribu.

"Bus Royaltrans dilengkapi 12 kamera CCTV untuk memantau setiap area di dalam dan di luar bus. Maupun bagasi barang di dalam bus dan di luar bus," kata Budi

Selain bus premium, Transjakarta juga mengoperasikan bus reguler yang memiliki layanan ke Bekasi baik itu Bekasi Barat maupun Timur.

"Kami optimis kehadiran bus Transjakarta akan menjadi solusi atas penerapan aturan ganjil genap di Pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur bagi kendaraan pribadi," ujar Budi.

Lanjutkan Membaca ↓

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video