Sukses

Sandi Ingin Ondel-Ondel Tampil Modern, Berwajah Brad Pitt dan Raisa

Rencana Sandiaga tersebut, masuk dalam program Ondel-Ondel Kreasi Betawi (OK OB).

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berencana mengubah citra ondel-ondel Jakarta menjadi lebih modern. Ia punya ide agar wajah ondel-ondel bisa diubah sesuai pesanan, misalnya ondel-ondel berwajah artis.

"Mereka bisa menerima pesan khusus," kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Senin (5/3/2018).

Sandiaga mencontohkan wajah ondel-ondel pesanan dapat dibuat seperti Brad Pitt atau Raisa.

"Kan, kita mau ondel-ondel khas, misalnya mukanya mirip dengan Brad Pitt," kata Sandi.

"(Pembuatan) bisa dua tiga minggu jadi yang perempuan, misalnya bisa seperti Raisa. Mukanya Raisa, tapi pakaiannya ondel-ondel juga bisa. Tapi apakah kita mesti bayar royalti saya juga enggak tahu," ucap Sandi.

Rencana Sandiaga tersebut masuk dalam program Ondel-Ondel Kreasi Betawi (OK OB). Nantinya, Sandi menyebut ondel-ondel juga bisa menjadi maskot Asian Games, yakni Bhin Bhin, Atung, dan Kaka.

"Alangkah baiknya kalau mereka diubah menjadi kostumnya untuk enam bulan ke depan menjadi kostum atung berpasangan dengan ondel-ondel Betawi. Kostum bimbim dengan ondel-ondel Betawi dan Kaka," ujar Sandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asimilasi

Menurut Sandi, penggabungan ondel-ondel dengan maskot Betawi, akan memunculkan asimilasi budaya.

"Dengan itu terjadilah asimilasi antara budaya Betawi dengan Asian Games. Ini yang langsung dan real juga menciptakan lapangan kerja," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.