Sukses

TNI Kedatangan 14 Pesawat Jet Tempur F-16 dari Amerika

Kedatangan 14 pesawat ini secara resmi melengkapi 24 pesawat yang dihibahkan oleh Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jawa Timur - Sebanyak 14 unit jet tempur F-16 Fighting Falcon hibah pemerintah Amerika Serikat tiba di Lanud (Landasan Udara) Iswahyudi, Magetan, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (1/3/2018), 14 unit pesawat tempur F-16 tiba di Lanud Iswahjudi, Magetan. Kedatangan alutsista udara ini disambut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Kedatangan 14 pesawat ini secara resmi melengkapi 24 pesawat yang dihibahkan oleh Amerika Serikat.

"Sebanyak 24 pesawat dihibahkan ke sini berjalan dengan baik, lancar dan aman," ujar Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Meski ada penambahan sebanyak 24, panglima TNI menyatakan jumlah pesawat tempur masih kurang dibandingkan dengan luas teritorial Indonesia yang harus dijaga. Kendati demikian, TNI optimistis mampu menghadapi berbagai ancaman dan gangguan pertahanan dan keamanan negara.

"Paling tidak kita bisa melaksanakan apa yang kita inginkan apabila ada ancaman," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto.

Saat ini, sepuluh unit pesawat F-16 yang tiba lebih awal tengah menjalani upgrade agar pesawat berada dalam kondisi yang prima untuk mengawal kedaulatan Indonesia di udara.

Berikutnya, dilangsungkan berita acara serah terima pesawat yang turut dihadiri wakil dari Amerika Serikat. Selanjutnya pesawat diserahkan dari kementrian pertahanan kepada panglima TNI. Dari total 24 pesawat, 12 akan ditempatkan di Lanud Iswahjudi dan 12 di Lanud Pekanbaru, Riau.