YPAPK Bangun Fasilitas Kamar Mandi di Pulau Terluar Indonesia

Oleh Sunariyah pada 27 Feb 2018, 09:07 WIB
Diperbarui 27 Feb 2018, 09:07 WIB

Fokus, Sumatera Utara - Pulau Berhala, salah satu pulau terluar yang terletak di bagian utara Sumatera, tepatnya di Selat Malaka. Pulau yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera utara.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (27/2/2018), dataran ini tidak berpenghuni, namun para nelayan Indonesia sering memanfaatkan Pulau Berhala sebagai tempat beristirahat setelah lelah mencari ikan.

Pulau Berhala memiliki  luas 45 hektare dan berjarak 150 mill laut dari Ibu Kota Kabupaten Serdang Bedagai. Pulau ini dijaga 34 prajurit TNI bersenjata lengkap.

Indosiar untuk Mimpi Indonesia, membangun sejumlah MCK dan kamar mandi seluas 18 meter persegi. Selain itu tangki air berkapasitas 1.500 ratus liter, juga turut didatangkan.

Pembangunan ini diperuntukkan bagi para prajurit TNI yang bertugas menjaga perbatasan di Pulau Berhala. Selain itu, para nelayan Indonesia yang hendak beristirahat setelah lelah mencari ikan, juga bisa memanfaatkan fasilitas MCK dan kamar mandi ini.

Komando Resort Militer (Danrem) 022 Pantai Timur, Kolonel Artileri Medan Khoirul Hadi, meresmikan langsung penggunaan MCK dan kamar mandi yang dipersembahkan oleh Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih untuk Mimpi Indonesia.

Pembangunan MCK dan kamar mandi di Pulau Berhala merupakan bagian dari pembangunan di 23 titik perbatasan, dalam mewujudkan program Indosiar untuk Mimpi Indonesia.