Kisah 5 Orang yang Menghadap Sang Ilahi Saat Ibadah

Oleh Liputan6.com pada 24 Feb 2018, 18:04 WIB
Diperbarui 24 Feb 2018, 18:04 WIB
Khatib
Perbesar
Khatib meninggal dunia saat ceramah jumat. (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang khatib bernama Ustaz Kholik Sufyan meninggal dunia saat memberikan ceramah Jumat di atas mimbar Masjid Al Falah, Jurang Mangu, Kota Tangerang Selatan, Banten. Video detik-detik dia pingsan di atas mimbar tersebut menjadi viral.

Sang putra bungsu almarhum pun telah mengikhlaskan kematian sang ayah yang mendadak tersebut.

"Beliau meninggal di waktu dan dengan cara yang baik. Itu yang membuat kami tabayun, Abah meninggal dengan khusnul khotimah, kami ikhlas," tutur Rizal, anak bungsu almarhum Ustaz Kholik Sufyan, kepada Liputan6.com, Jumat (23/2/2018) malam.

Rizal mengaku sempat tidak percaya, karena pada hari itu tidak ada jadwal sang ayah ceramah. Dia juga tidak menyangka, video sang ayah pingsan hingga akhirnya wafat malah viral di dunia maya dan media sosial.

Tak hanya kisah wafatnya Ustaz Kholik, berikut ini beberapa kisah viral yang menggetarkan hati, orang-orang yang meninggal saat ibadah seperti mengaji dan salat yang dirangkum Liputan6.com: 

Alquran (Liputan6.com/ Lady Nuzulul Barkah Farisco)

1. Qari yang Meninggal Saat Mengaji di Haul Keluarga Mensos

Seorang qari atau orang yang mahir membaca Alquran, Jakfar Abdurrahman, meninggal dunia saat mengaji di kediaman Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa di kawasan Jemursari, Surabaya, Jawa Timur, Senin, 24 April 2017.

"Ustaz mengisi pembacaan ayat suci Alquran di rumah Bu Menteri (Khofifah), tapi kemudian pingsan dan meninggal," ucap Ketua RT 3 di RW 4, Kecamatan Wonocolo, Lilik Baidlowi, di Surabaya.

Saat itu di rumah Khofifah sedang digelar peringatan haul untuk suaminya dan keluarga lainnya, kemudian disambung Hari Ulang Tahun ke-71 Muslimat Nahdlatul Ulama serta haul Syekh Abdul Qadir Jailani.

Ia menceritakan, saat ustaz Jakfar Abdurrahman melantunkan ayat-ayat suci Alquran di atas panggung, tidak ada yang berbeda dan jemaah mendengarkan dengan khusyuk. Namun, tiba-tiba suara ustaz semakin terdengar hilang dan mikrofon yang dipegangnya terjatuh.

Belum sempat dilarikan diperiksa di unit gawat darurat, ustaz sudah mengembuskan napas terakhirnya.

Mensos Khofifah mengatakan, Ustaz Jakfar meninggal akibat terkena serangan jantung.

"Meninggalnya karena serangan jantung. Sepengetahuan saya, Beliau pernah operasi jantung," tutur Khofifah, Senin, 24 April 2017.

 

 

 

2 dari 5 halaman

2. Jemaah Wafat Kala Salat di Masjid Al-Ittihad Tebet

Meninggal saat salat
Perbesar
Karangan bunga duka cita untuk Izhar, jemaah masjid yang meninggal ketika salat (Liputan6.com/ Muhammad Radityo Priyasmoro)

Izhar, pria usia 58 tahun, meninggal kala melaksanakan salat Isya di Masjid Al-Ittihad, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa, 13 Juni 2017. Video wafatnya Izhar saat salat ini menjadi viral.

Pihak sekretariat dari masjid, Rustam, mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat imam melakukan duduk di antara dua sujud.

"Dalam CCTV kami, almarhum berada di saf depan baris keenam. Saat duduk di antara dua sujud, almarhum terlihat tidak mengikuti gerakan imam, dan (seakan) tersujud," kata Rustam saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu, 14 Juni 2017.

Ketika itu, jemaah lain tak menyadari mengapa almarhum terus sujud. Saat menyelesaikan salam pada akhir salat, jemaah lain mendekati dan mencoba membangunkan pria tersebut.

"Almarhum sudah terkulai lemas, teman saya dengan pengeras suara meminta jemaah yang berprofesi sebagai dokter agar bisa memberi pertolongan pertama. Namun, memang almarhum sudah tidak ada," terang Rustam.

Izhar dibawa ke Rumah Sakit Tebet. Dokter juga memberikan pompa jantung untuk memicu detak jantungnya.

"Saat dilihat monitornya sudah tidak bergelombang. Anak almarhum sempat mengatakan tolong maksimalkan," Rustam menuturkan.

Almarhum tidak memiliki riwayat sakit. Bahkan, ia berencana menunaikan ibadah umrah keesokan harinya.

3 dari 5 halaman

3. Kiai Sukabumi Wafat Saat Salat di Madinah

Kiai Sukabumi
Perbesar
Jenazah almarhum KH Ece Syaripudin Didi saat dievakuasi di Rumah Sakit Ad-Zaira, Madinah. (Istimewa)

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Tabiyyatul Falah, KH Ece Syaripudin Didi wafat di Tanah Suci saat hendak menjalankan ibadah umrah. Syaripudin wafat sekitar pukul 09.00 waktu setempat di Masjid Kuba, Madinah, Minggu, 31 Desember 2017.

Keluarga menerima kabar kematian sang kiai sekitar pukul 13.00 WIB. Pihak keluarga meyakini, selain sudah menjadi takdir, ia wafat karena sakit jantung yang dideritanya.

Jenazah almarhum langsung dikebumikan di Baqi Madinah. Ia meninggal saat salat Dhuha bersama jemaah lainnya.

"Almarhum diketahui meninggal sedang rukuk, saat salat Dhuha. Kami menerima kabar itu pukul 13.00 WIB dari jemaah yang ikut rombongan umrah," ujar menantu almarhum Zamaludin (46), di kediamannya di Jalan Selabintana, Km 35, Panjalu, Desa Warnasari, Kecamatan Sukabumi.

Saat itu yang bersangkutan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Ad-Zaira, Madinah, untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Namun sampai di sana sudah tiada. Dugaan sementara, Beliau meninggal akibat serangan jantung," terangnya.

4 dari 5 halaman

4. Aisyah Bahar yang Meninggal Saat Baca Alquran

[Bintang] Kisah Aisyah Bahar, Gadis Cantik yang Meninggal Dipangkuan Ayah
Perbesar
Usai salat subuh, Aisyah Bahar, gadis cantik berpredikat cumlaude itu menghembuskan napas terakhirnya. (Foto: Facebook/Aisyah Bahar)

Nama Aisyah viral lantaran tiba-tiba meninggal saat sedang membaca Alquran. Ica sapaan akrabnya, meninggal pada Kamis, 4 Januari 2018 usai melaksanakan salat subuh.

Andi Bahar Jufri, ayah Ica, mengatakan, sebelum anaknya meninggal dunia, ia bangun untuk menunaikan salat malam. Putrinya juga sedang menjalankan salat sunah.

"Usai salat malam, ia sempat bersantap sahur. Ia rutin berpuasa Senin-Kamis," ujarnya, Selasa, 9 Januari 2018.

Aisyah yang tercatat sebagai lulusan terbaik di Fakultas Peternakan Unhas itu bahkan sempat pergi ke masjid untuk menunaikan salat Subuh berjemaah. Usai salat Subuh, Ica kemudian mengaji. Ia sempat meminta kepada bapaknya untuk mengoreksi jika bacaannya salah.

"Tak biasanya dia minta ditemani seperti itu," ujar Jufri.

Tak lama usai membaca surat Al-Mutaffifin, Ica kemudian memeluk bapaknya. Ia meminta bapaknya untuk menuntun bacaan syahadat.

"Tiba-tiba ia memeluk saya dan minta dituntun membaca syahadat. Setelah itu ia meninggal dunia," kenangnya.

Selaras dengan sang adik, dua kakak Aisyah sebelumnya juga meninggal saat beribadah, Andi Ibrahim dan Andi Astri.

Bahar menceritakan, Andi Ibrahim meninggal dalam keadaan sujud. Ia dikenal sebagai penghafal Alquran.

"Dia meninggal saat salat tasbih di bulan Ramadan 2009 lalu. Meninggalnya ini menjelang Lebaran. Allah memanggilnya lebih dulu," kata Bahar.

Sementara itu, Andi Astri, anak kedua Andi Bahar Jufri juga meninggal saat sedang salat malam. Bedanya ia meninggal saat sedang melaksanakan salat malam di Pondok Gede, Jakarta, 2011 silam.

"Astri meninggal juga saat sedang salat lail, pas tahiyat terakhir ia mengembuskan napas terakhirnya," ucap Bahar.

5 dari 5 halaman

5. Ustaz Kholik Sufyan Meninggal Ketika Khutbah Jumat

Berita terbaru, beredar video yang viral di media sosial, seorang khatib yang sedang memberikan ceramah Jumat di mimbar masjid mendadak wafat.

"Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Telah Meninggal Dunia, Bapak Ust. H. Kholik Sufyan, hari ini Jumat, 23 Februari 2018, ketika Khutbah Jumat di Masjid Al-Falah, Jurang Mangu. Tangerang. Banten. Semoga Husnul Khatimah. Aamin Yaa Rabb," demikian isi pesan yang beredar pada Jumat (23/2/2018).

Berita tersebut dibenarkan oleh putra bungsu almarhum, Rizal. Menurutnya, sang ayah meninggal dengan cara yang baik.

“Beliau meninggal di waktu dan dengan cara yang baik. Itu yang membuat kami tabayun, Abah meninggal dengan khusnul khotimah, kami ikhlas,” tutur Rizal, kepada Liputan6.com, Jumat (23/2/2018).

Dalam video yang viral, sang khatib tengah berdiri di atas mimbar saat memberikan khutbah Jumatnya. Namun, tiba-tiba kepalanya lemas lalu membentur bagian mimbar. Tak lama kemudian tubuhnya pun terhempas ke belakang.

Kejadian itu membuat jemaah terkejut dan berusaha menolong sang Ustaz. Sejumlah jemaah menggotong tubuh sang ustaz ke bagian saf depan. Setelah itu jemaah salat Jumat pun membawanya ke luar masjid.

Itulah lima kisah dari orang-orang yang dipanggil ke pangkuan Yang Maha Kuasa saat sedang mendekatkan diri kepada-Nya. Semoga amal dan ibadahnya dapat diterima dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya.  

(Lady Nuzulul Barkah Farisco )

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓