Sukses

Bamsoet Minta Bantuan Daerah Longsor Jateng Segera Dikucurkan

Bamsoet mengharapkan para korban longsor di Jawa Tengah dapat bisa segera ditangani sebaik mungkin.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo menyampaikan duka cita mendalam bagi para korban bencana alam tanah longsor di dua kabupaten di Jawa Tengah. Dia mengharapkan para korban bisa segera ditangani sebaik mungkin.

Bencana longsor yang terjadi di Desa Pasir Panjang, Brebes, Jawa Tengah mengakibatkan lima orang meninggal, 14 orang luka-luka serta 18 orang hilang. Sedangkan bencana serupa di Kecamatan Karang Jambu, Kabupaten Purbalingga mengakibatkan empat warga meninggal dan enam orang luka-luka.

"Kami menyampaikan rasa duka cita yang mendalam bagi para korban bencana dan keluarga mereka," ujar Bambang Soesatyo melalui pesan singkat ke media, Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Selanjutnya, pria yang akrab disapa Bamsoet itu meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan tim SAR lebih mengintensifkan pencarian korban serta memastikan jumlahnya. Bamsoet juga mengaharapkan para korban bisa segera memperoleh bantuan.

"Pimpinan meminta Komisi VIII DPR mendorong Kementerian Sosial untuk segera memberikan bantuan bagi warga yang terkena musibah," tutur dia.

Hal yang tak kalah penting dalam penanganan pascabencana adalah mencari solusi bagi warga yang kehilangan tempat tinggal.

"Pemerintah daerah harus segera mencari solusi bagi warga yang kehilangan tempat tinggal dan lahan milik mereka serta merelokasi warga yang terdampak longsor," cetus dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Informasi Cuaca Digencarkan

Untuk mencegah adanya korban, Bamsoet meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk lebih gencar memberikan laporan kondisi cuaca.

“Sekaligus sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya bencana kepada masyarakat luas,” ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.