Sukses

Nama Rizieq Shihab dan Ustaz Somad Masuk di Bursa Capres 2019?

Pimpinan FPI Rizieq Shihab dan Ustaz Abdul Somad masuk dalam bursa calon presiden (capres) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dalam survei Median.

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dan Ustaz Abdul Somad masuk dalam bursa calon presiden (capres) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Kedua nama tersebut muncul dalam hasil survei dari Media Survei Nasional (Median).

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun menyatakan, keduanya memiliki elektabilitas yang sama yakni 0,3 persen. Keduanya masih unggul 0,1 persen dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

"Elektabilitas Habib Rizieq Shihab itu 0,3 persen dan masuk dalam 20 besar," kata Rico di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2018).

 

Padahal, kata dia, nama Rizieq Shihab sebenarnya tidak ada di 33 nama capres yang diajukan Median kepada masyarakat. Namun, kedua nama itu muncul berdasarkan hasil survei.

Rico menambahkan, masyarakat berhak menyertakan capres pilihannya juga. Sebab, dia meyakini cara itu lebih adil dibanding hanya menyodorkan nama-nama pilihan lembaga survei.

"Kami kasih daftar ada 33 nama. Kalau dari 33 nama enggak ada, silakan tulis. Saya kira dengan model seperti ini jauh lebih fair, karena lebih terbuka," papar Rico.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

33 Nama

Menurut dia, survei ini dilakukan selama 1-9 Februari 2018 dengan 1.000 warga yang memiliki hak pilih sebagai responden. Sementara, margin of error-nya 3,1 persen.

Adapun 33 nama yang diajukan oleh pihak Median berdasarkan abjad yakni Aburizal Bakri, Agus Harimurti Yudhoyono, Ahmad Heryawan, Airlangga Hartarto, Al Muzzamil Yusuf, Anies Baswedan, Anis Matta, Budi Gunawan, Chairul Tanjung, Fahri Hamzah, Gatot Nurmantyo, Hary Tanoesoedibjo.

Selanjutnya yaitu ada Hidayat Nur Wahid, Irwan Prayitno, Presiden Joko Widodo, M Shohibul Iman. Ada juga nama Mahfud MD, Mardani Ali Sera, Moeldoko, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Puan Maharani, Salim Segaf Al Jufri, Surya Paloh. Kemudian Susi Pudjiastuti, Tuan Guru Bajang M Zainul Majdi, Tifatul Sembiring, Tito Karnavian, Tri Rismaharani, Wiranto dan Zulkifli Hasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.