Sukses

Tak Hanya Bangun Embung, Kemendes Juga Berikan Bibit Ikan Gratis

Menurut Mendes Eko, embung juga bisa dimanfaatkan untuk kolam ikan maupun tempat wisata

Liputan6.com, Musi Rawas - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo meresmikan embung air di Desa Marga Baru Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Embung air yang berukuran panjang 50 meter dengan lebar 20 meter dan kedalaman 2,5 meter yang diresmikan Mendes Eko adalah embung prioritas instansinya yang pembangunan itu dimulai sejak 2017 lalu dengan anggaran sekitar Rp 300 juta.

Dalam pelaksanaan pembangunan embung yang ditargetkan selama sebulan itu dilakukan secara swakelola atau padat karya tunai. Dalam hal ini, pembangunannya dilakukan masyarakat dengan mendapatkan upah sebesar Rp 150 ribu untuk tukang dan Rp 120 ribu pembantu tukang. Mereka dibayar setiap dua minggu sekali.

"Embung ini memiliki dampak yang besar bagi peningkatan produktivitas pertanian dan perkebunan masyarakat di desa dalam memenuhi kebutuhan airnya karena hanya 45 persen desa saat musim hujan bisa nanam dan sisanya enggak bisa nanam," kata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo.

Sehingga dengan adanya embung, sisanya akan bisa nanam dan pendapatan masyarakat bisa naik dua kali lipat

Bukan itu saja, menurut Eko, embung juga bisa dimanfaatkan untuk kolam ikan maupun tempat wisata yang nantinya juga bisa dimanfaatkan hasilnya dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Embung bisa juga untuk tempat wisata yang bisa meningkatkan perekonomian di desa dan setiap embung yang jadi, pemerintah akan memberikan bibit ikan gratis yang bisa menjadi sumber protein hewani untuk dikonsumsi masyarakat yang kurang mampu di desa-desa agar dapat mengurangi tingkat kekurangan gizi di desa-desa," katanya.

Mendes PDTT tidak saja meresmikan Embung. Dia juga melakukan peletakan batu pertama desa wisata dan membuka kegiatan lomba mancing. 

"Dalam pengelolaan tempat wisatanya nanti akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dalam keuntungan usahanya akan menjadi milik desa," kata Mendes Eko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Difasilitasi

Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Musi Rawas, Mendes Eko di dampingi Inisiator Gerakan Desa Membangun Indonesia, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan dan sejumlah pejabat dari Kemendes PDTT dan Pemkab Musi Rawas.

Inisiator gerakan desa membangun Indonesia Abdul Muhaimin Iskandar mengapresiasi kepada masyarakat desa yang telah membangun desanya hingga maju.

"Tentunya kita berharap agar pemerintah terus memfasilitasi lebih lanjut menyangkut infrastruktur terutama infrastruktur jalan," katanya.

Mengenai embung, Cak imin mengatakan bahwa embung desa merupakan produk nyata yang bisa dinikmati dari dana desa karena ada faktor ekonomi, wisata, pertanian dan kesehatan karena menyangkut gizi masyarakat.

"Paketnya lengkap yang sangat bermanfaat. Inilah bukti bahwa dana desa sungguh sangat bisa memberikan kemakmuran. Semoga dana desa akan semakin memberikan tambahan dari kebutuhan infrastruktur yang mendesak dibutuhkan oleh masyarajak desa," kata Cak Imin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.