TNI Ikut Gerebek Pengoplosan Gas di Rumpin Bogor

Oleh Achmad Sudarno pada 19 Feb 2018, 19:43 WIB
Diperbarui 19 Feb 2018, 19:43 WIB
gas oplosan
Perbesar
Tempat pengoplosan gas elpiji di Kampung Banjarpinang, Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, digerebek anggota TNI, Senin (19/2/2018). (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Bogor - Tempat pengoplosan gas elpiji di Kampung Banjarpinang, Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, digerebek anggota TNI, Senin (19/2/2018).

TNI dari Korem 061/Suryakancana menemukan sekitar 800 tabung gas berbagai ukuran mulai dari ukuran 3 kilogram, 12 kilogram, dan 50 kilogram yang sudah dioplos.

Anggota TNI berpakaian loreng itu juga sempat mengeluarkan tembakan karena para pelaku mencoba melarikan diri ke dalam semak-semak, tak jauh dari lokasi pengoplosan gas itu. Tujuh orang yang berusaha kabur kemudian berhasil diamankan. Mereka diduga terlibat dalam kegiatan pengoplosan gas tersebut.

Kasi Intel Korem 061 Suryakancana Letkol Arm Sabawa mengatakan, penggerebekan tersebut bermula dari adanya laporan bahwa ada keterlibatan anggota TNI ikut membekingi kegiatan pengoplosan gas bersubsidi ini.

"Untuk memastikan kami gerebek. Tapi sejauh ini kami belum menemukan (Adanya keterlibatan TNI). Saat digerebek, kegiatan pengoplosan sedang berjalan," kata Sabawa.

Kepada petugas, para pelaku mengaku dalam sehari bisa mengoplos kurang lebih 2.000 tabung gas. Aktivitas pengoplosan tabung gas 3 kg menjadi gas 12 kg itu sudah berjalan kurang lebih sebulan.

"Pengoplosan ini dari gas subsidi ke industri," ujar Sabawa.

 

2 dari 2 halaman

Oknum TNI Diduga Terlibat

Gas Oplosan
Perbesar
Tempat pengoplosan gas elpiji di Kampung Banjarpinang, Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, digerebek anggota TNI, Senin (19/2/2018). (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Kasus ini, lanjut Sabawa, akan terus dikembangkan mengingat adanya dugaan keterlibatan oknum TNI dalam aktivitas ilegal ini. Apalagi, masyarakat sekitar juga merasa resah karena kebutuhan gas terutama gas subsidi 3 kilogram menjadi langka.

"Akan terus kami kembangkan. Tentunya koordinasi juga dengan pihak kepolisian," pungkas Sabawa.

Dereten Penggerebekan Gas Oplosan di Rumpin

Polsek Rumpin menggerebek gudang pengoplos tabung gas elpiji di kawasan Kapung Pasir Jeruk, RT 1 RW 2, Desa Sukaresmi, Rumpin, Bogor. Ratusan tabung oplosan disita petugas dari lokasi itu pada 9Juli 2010.

Pada 21 Februari 2016, Polsek Rumpin menggerebek gudang pengoplos tabung gas elpiji di kawasan Kampung Pasir Jeruk, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Selanjutnya, Tim Subdit Jatanras Polda Metro Jaya menggerebek gudang pengoplosan gas elpiji di Cisauk, Rumpin, Kabupaten Bogor pada 19 Oktober 2016.

Terakhir, jajaran Polsek Rumpin bersama Pol PP Kecamatan Rumpin menggerebeg sebuah gudang tempat pengoplosan Gas Elpiji di Kampung Parigi, Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, 5 Mei 2017.

Lanjutkan Membaca ↓