Stadion Utama GBK Rusak, Ini Kata Menteri PUPR

Oleh Yusron Fahmi pada 19 Feb 2018, 18:54 WIB
Diperbarui 19 Feb 2018, 18:54 WIB

Fokus, Jakarta - Final Piala Presiden 2018 yang dimenangkan Persija Jakarta dinodai ulah segelintir penonton yang merusak fasilitas Stadion Gelora Bung Karno.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Senin (19/2/2018), dari kamera pengawas tampak ulah penonton tidak bertanggung jawab yang merusak fasilitas Stadion GBK. Pengrusakan terjadi saat laga final Piala Presiden 2018 antara Persija melawan Bali United pada Sabtu malam. Sejumlah penonton yang tidak memiliki tiket memaksa masuk stadion.

Tak hanya pintu masuk di zona tujuh dan sembilan, para penonton juga merusak enam panel akrilik pembatas tribun. Bahkan tanaman di luar stadion turut menjadi korban kebrutalan para penonton.

Meski kerugian yang ditimbulkan tidak terlalu besar, aksi brutal tersebut sangat disayangkan semua pihak. Salah satunya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, yang meninjau langsung Gelora Bung Karno pada Senin pagi. GBK selama ini menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia sekaligus disiapkan untuk pelaksanaan Asian Games.

"Dari penyelenggara sudah ada jaminan kerusakan, ini seminggu akan selesai. Perbaikan tidak kurang dari Rp 150 juta", kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menyikapi sikap tidak terpuji penonton, Gubernur Jakarta Anies Baswedan, menyarankan adanya pembinaan kepada para suporter tim sepakbola agar kejadian serupa tidak terulang.

"Pembinaan bisa menjadi lebih baik terutama kepada suporter sehingga perilaku mereka menjadi lebih baik", kata Gubernur Jakarta Anies.

Sementara itu, manajemen Persija Jakarta mengaku siap mengganti biaya perbaikan fasilitas di Gelora Bung Karno. Wakapolri Komjen Pol Syafrudin yang merupakan Dewan Pembina Persija juga mengimbau seluruh pendukung tim Macan Kemayoran tidak kembali melakukan perusakan.