Libur Panjang Imlek, Jalur Puncak Lengang

Oleh Achmad Sudarno pada 16 Feb 2018, 17:02 WIB
Diperbarui 18 Feb 2018, 16:13 WIB
Achmad Sudarno/Liputan6.com

Liputan6.com, Bogor - Meski sempat terjadi kepadatan pagi tadi, arus lalu lintas di jalur Puncak Bogor lancar, Jumat (16/2/2018) sore ini. Arus kendaraan dari kedua arah melaju tanpa hambatan.

Beberapa titik lokasi yang biasa menjadi langganan macet, Sore ini lancar. Seperti di Simpang Gadog, Tanjakan Selarong, Cibogo, Pasar Cisarua hingga simpang Taman Safari Indonesia tak ada kepadatan arus lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan, sejak Kamis malam hingga Jumat siang, arus lalu lintas di jalur Puncak cenderung lengang. Meski sebelumnya sempat padat pada sekitar 10.00 WIB.

"Tadi pagi sempat padat, tapi setelah diberlakukan satu arah, tak lama kemudian langsung mencair," ujar Hasby.

Situasi arus kendaraan lengang semenjak kawasan Puncak diterjang longsor pada Senin 5 Februari 2018. Ditambah adanya penutupan jalur menuju Cianjur maupun sebaliknya di Riung Gunung karena ada pemulihan terdampak longsor.

"Mungkin ini menjadi faktor utama jalur tidak ramai seperti biasanya. Padahal penutupan jalur Puncak hanya di Gunung Mas. Jadi wisatawan masih bisa berkunjung ke lokasi wisata daerah Megamendung dan Cisarua," terang Hasby.

2 dari 2 halaman

Normal Dua Arah

Kawasan Wisata Puncak seperti Kota Mati
Papan penutupan arus lalu lintas terpasang di jalan Cimacan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (14/2). Setelah ditutup sejak 5 Februari lalu karena longsor, kawasan puncak Bogor sampai Cianjur menjadi seperti kota mati. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Sejak pagi tadi, pihak kepolisian belum memberlakukan satu arah di jalur Puncak. Hal ini mengingat belum adanya peningkatan volume kendaraan.

"Dari pagi masih normal dua arah. Situasional. Kalau terjadi kepadatan kita lakukan satu arah," ujar Hasby.

Berdasarkan catatan di Gerbang Tol (GT) Ciawi, jumlah kendaaran yang keluar Tol Jagorawi mengarah ke Puncak tercatat 12.683 kendaraan dan jumlah kendaraan dari Gadog menuju tol (entrace) 4.941 kendaraan.

"Untuk jumlah (keluar) tol mengarah ke Puncak jumlahnya sangat jauh, dengan hari libur nasional biasanya yang mencapai sekitar 30.000," pungkas Hasby. 

Lanjutkan Membaca ↓