Sukses

Imlek, Dinas Sosial DKI Jakarta Awasi Wihara

Imlek, petugas Dinas Sosial DKI Jakarta menjaga sejumlah wihara di Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Dinas Sosial DKI Jakarta mengawasi sejumlah wihara di Ibu Kota pada Imlek 2018. 

Penjagaan ini untuk mencegah maraknya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) jalanan yang mengganggu kenyamanan warga dalam merayakan Imlek.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Chaidir, mengemukakan pengawasan itu untuk mengantisipasi adanya PMKS jalanan yang meminta-minta ke warga yang tengah beribadah saat Imlek.

"Karena sudah menjadi budaya sejak lama pengelola wihara biasanya memberikan sembako atau angpau kepada warga sekitar sehingga banyak warga yang datang ke wihara untuk mendapatkan peruntungan," ujar Chaidir dalam siaran persnya, Jakarta, Jumat (16/2/2018).

Menurut dia, petugas hanya memastikan agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti berdesak-desakkan sehingga menyebabkan korban di Imlek ini.

"Petugas P3S mengedukasi para pengejar angpau agar tidak berebutan mereka harus antri dan tertib," tandas Chaidir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersama TNI/Polri dan Satpol PP

Petugas P3S Dinsos DKI juga berkolaborasi dengan aparat keamanan lainnya dalam penjagaan ini. Seperti Kepolisian, TNI, Satpol PP dan satuan pengamanan wihara.

Wihara yang diawasi petugas antara lain Wihara Bio Hok Tek Tjeng Sin di Kebayoran lama, Jakarta Selatan; Kelenteng Petak 9 Glodok, Jakarta Barat; dan Wihara AvaloKitesvera Vipassana di Graha Sunter Jaya Jakarta Utara.

"Petugas ikut berpartisipasi dalam pengawasan perayaan imlek agar para jamaat yang beribadah di wihara bisa merasa aman dan nyaman. Jamaat bisa khusuk dalam menjalankan ritual ibadahnya," kata Chaidir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.