Sukses

Libur Imlek, Angkasa Pura II dan PT KAI Siapkan Armada Tambahan

Penerbangan tambahan tesebut diprioritaskan untuk tujuan ke kota dan negara yang menjadi titik pusat perayaan Imlek.

Fokus, Tangerang - Menghadapi lonjakan penumpang pada libur panjang perayaan Tahun Baru Imlek, PT Angkasa Pura II dan PT Kereta Api Daerah Operasi VI menyediakan penerbangan dan kereta api tambahan.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Jumat (16/2/2018), PT Angkasa Pura II menyediakan 257 penerbangan tambahan (ekstra flight) domestik maupun international.

Penerbangan tambahan tersebut diprioritaskan untuk tujuan ke kota dan negara yang menjadi titik pusat perayaan Imlek, seperti Medan, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Bangka Belitung dan Pontianak. Penambahan jadwal penerbangan itu disesuaikan dengan prediksi lonjakan penumpang yang mencapai 3 persen dari hari biasa.

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, saat meninjau persiapan di Bandara Soekarno-Hatta menyatakan, untuk mengantisipasi kecelakaan udara pihaknya sudah melakukan ramp check terhadap seluruh pesawat.

Ramp check dilakukan untuk memastikan kelaikan pesawat dan maskapai sebelum melakukan penerbangan. Dirjen Perhubungan Udara menyatakan semuanya laik terbang.

"Penerbangan kita tambahkan, ada 257 yang kita sediakan," ujar Agus Santoso.

Hal yang sama juga dilakukan PT KAI Daops VI Yogyakarta, dengan menyiapkan kereta tambahan yaitu Argo Lawu tambahan, Argo Dwipangga tambahan dan Sancaka tambahan. Jumlah penumpang kereta api diperkirakan melonjak lima hingga 10 persen pada 15-17 Februari 2018 ini.

Humas PT KAI DAOPS VI Eko Budiyanto mengatakan, warga yang menggunakan kereta ke dan dari Yogyakarta bukan hanya akan merayakan Imlek. Sebagian juga ingin menghabiskan libur panjang di kampung halamannya.