Pembimbing Umrah Bacakan Pancasila Saat Sai Minta Maaf

Oleh Muhammad Ali pada pada 14 Feb 2018, 06:43 WIB
Ibadah Haji

Liputan6.com, Jakarta - Pembimbing umrah yang membacakan Pancasila di sela doa sai menyampaikan permohonan maaf. Pembimbing yang mengaku bernama Muhammad Said Humaidy mengaku khilaf.

Permohonan maaf itu ia sampaikan dalam akun Facebook Said Humaidy Aba Nick. Ia memposting hal tersebut pada Selasa 13 Februari 2018 pukul 1.49 WIB.

Berikut pernyataan maaf dari Said Humaidy menanggapi video viral membaca Pancasila di sela-sela doa sai, yang dikutip Liputan6.com

SAUDARAKU KAUM MUSLIMIN DAN MUSLIMAT, TERUTAMA YG SUDAH MENYAKSIKAN Video SINGKAT SAYA KTK SA'I.YANG SAYA SELINGI DG BACAAN PANCASILA.

ITU MURNI KEKHILAFAN SAYA,TDK ADA MAKSUD MENGHINA PANCASILA APA LAGI AGAMA.Tdk ada Rasa Riya',Cari sensasi,Apa lagi sombong.

INI MURNI PENGALAMAN SPIRITUAL PRIBADI SAYA YG SECARA TAK SENGAJA NGIKUT TAMPIL DI MAJLIS PUBLIK.

MAKA DI DEPAN KA'BAH INI,SAYA MUHAMMAD SA'ID HUMAIDY, MOHON MA'AF YG SETULUS-TULUSNYA.

SAYA SUDAH MENGHAPUS VIDEO TERSEBUT.Maka dg Rendah Hati kami mohon agar Videi tsb tdk sebarkan lagi.

DAN SELANJUTNYA,SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH PD SAUDARA2KU YG SUDAH SAAAAANGAT PEDULI PADAKU,YG SAAAANGAT SAYANG PADAKU, MESKI DENGAN CARA DAN KALIMAT2 YG BERBEDA-BEDA.saya merasakan rasa kasih sayang yg dikirimkan Alloh pdku.

YANG INTINYA MEREKA PEDULI PADAKU, DAN MENDUKUNG NGAJIKU.Sampean semua sodara2 terbaikku.Saya bangga dg samoean semua.Sampean semya di hatiku.

TIADA MANUSIA YG TDK KHILAF.DAN SEBAIK-BAIK ORANG YG KHILAF ITU ADALAH ORANG YG DG JUJUUUUR BESAR HATI MENGAKUI KHILAFNYA, DAN KEMUDIAN MINTA MAAF ATAS KEKHILAFANNYA.

MAAF, SAYA TELAT MENYADARINYA, KRN SYUGHUL UMROH DG JAMA'AH.

JAZAAKUMULLOH AHSANAL JAZAA'.

SMG KITA TETEP ISTIQOMAH NGAJI BARENG.

Amiiin..99x

1 of 2

Pancasila di Tengah Doa Sai

Sa'i
Sa'i dilakukan dengan berjalan dan berlari kecil dari Bukit Safa ke Bukit Marwah.

Sebuah video pembimbing umrah viral di media sosial. Ini lantaran sang pembimbing terlihat menuntun jemaahnya untuk berikrar Pancasila di sela-sela doa saat sai.

Dalam video yang diunggah, pembimbing bernama Said Humaidy ini menuntun doa saat sai. Namun di tengah doa tersebut, ia menyelipkan ikrar Pancasila.

Jemaah yang berada di belakangnya pun mengikuti apa yang diucapkan sang pembimbing umrah. Usai Pancasila dibacakan, sang pembimbing kembali melanjutkan doa saat sai.

Dalam laman Facebook-nya, Said Humaidy Aba Nick mengungkapkan, kegiatan tersebut berlangsung pada 10 Februari 2018. Saat itu ia bersama jemaahnya melaksanakan putaran ketiga sai pada waktu umrah kedua.

"Semoga menjadi umrah yang mabrur," tulis Said Humaidy yang dikutip Liputan6.com, Senin (12/2/2018).

Video tersebut pun mendapat tanggapan dari netizen. Mereka umumnya mempertanyakan dasar atau dalil dari ajaran sang pembimbing umrah tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓