Cagar Budaya Pantjoran Tea House, Destinasi Imlek di Ibu Kota

Oleh Rinaldo pada 11 Feb 2018, 10:45 WIB

Fokus, Jakarta - Menjelang Tahun Baru Imlek ke-2569, Anda dapat ajak keluarga atau kerabat dekat untuk menikmati sajian teh di Pantjoran Tea House, Kota Tua. Selain itu, Anda juga dapat menjelajah bangunan cagar budaya di tempat tersebut.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (11/2/2018), pada tahun 2015, di gedung cagar budaya milik ini direvitalisasi, kemudian difungsikan sebagai Pantjoran Tea House. Di tempat ini, pengunjung bisa mencicipi beragam jenis teh dan makanan khas.

Di tengah megahnya bangunan tinggi Ibu Kota, ternyata terselip satu bangunan peninggalan etnis Tionghoa yang masih dijaga keasliannya. Bangunan ini dikenal dengan Gedung Candra Naya.

Sementara itu, Candra Naya adalah rumah peninggalan Mayor China Khouw Kim An, yang merupakan pemimpin masyarakat Tionghoa di era pemerintahan Belanda.

Setelah mayor meninggal dunia, rumah ini disewakan kepada perkumpulan sosial Candra Naya. yang bergerak di bidang pendidikan pada tahun 1963-1980.

Selain tak berpenghuni selama 13 tahun, bangunan ini diambil alih oleh swasta. Namun, rumah ini tetap menjadi cagar budaya.