Sukses

Sri Mulyani: Pers Salah Satu Aktor Penting Pembangunan Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pers memiliki peran penting dalam membangun bangsa.

Liputan6.com, Padang - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pers memiliki peran penting dalam membangun bangsa. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri rangkaian acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-32 di Padang, Sumatera Barat.

Sri Mulyani menjadi keynote speaker dalam Konvensi Nasional Media Massa bertajuk "Iklim Bermedia dan Seimbang, Mempertahankan Eksistensi Media Massa Nasional Dalam Lanskap Informasi Global" di Hotel Grand Inna, Padang, Kamis (8/2/2018).

"Pers adalah salah satu pemangku kepentingan dan aktor penting dominan dalam proses pembangunan di negara kita," ujar Sri Mulyani.

Di tengah arus informasi yang semakin deras seiring kemajuan teknologi, pers memiliki tugas menyampaikan informasi yang kredibel dan akurat. Selain menyampaikan informasi, pers juga memiliki tugas mencerdaskan masyarakat.

"Pemerintah menggunakan pers untuk menyalurkan informasi dan mengedukasi serta menyampaikan program-program pembangunan oleh pemerintah," kata Sri Mulyani.

Namun pada dasarnya, kata dia, rakyat Indonesia bertanggung jawab untuk membesarkan bangsa. Termasuk juga insan pers yang menjadi pemegang tongkat estafet dari setiap program yang telah dikerjakan pemerintah.

"Apa pun bidang pekerjaan yang kita geluti, pada akhirnya tujuan kita adalah sama, yaitu membawa Indonesia maju, yang sejahtera adil dan makmur," tutur Sri Mulyani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Ekonomi Inklusif

Sri Mulyani menambahkan, salah satu program pemerintah tentang ekonomi inklusif tidak akan pernah berhasil tanpa ada peran insan pers dalam mengabarkan program tersebut.

"Kami rangkum satu program unggulan dalam membangun ekonomi nasional dalam program ekonomi inklusif di mana masyarakat dapat terlibat dalam pembangunan dan merasakan hasil dari apa yang dikerjakan," dia menjelaskan.

"Hal tersebut semata untuk menciptakan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia," ucap Sri Muliyani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini