Sukses

Kereta Bandara Soetta Kembali Beroperasi

PT Railink telah uji coba rangkaian kereta tanpa penumpang dan lokomotif melintas di atas lokasi longsor dengan beberapa variasi kecepaatan.

Liputan6.com, Jakarta - Underpass Jalan Perimeter Selatan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) hingga siang ini belum juga diperbaiki pasca-longsor, Senin 5 Februari. Sisa-sisa bekas longsor masih memenuhi ruas jalan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (8/2/2018), meski dinding beton terowongan belum diperbaiki, pengelola kereta bandara, PT Railink telah melakukan uji coba rangkaian kereta tanpa penumpang dan lokomotif melintas di atas lokasi longsor dengan beberapa variasi kecepatan.

Kegiatan ini untuk memastikan kokohnya konstruksi terowongan.

"Kita uji coba mulai dari 5 kilometer per jam, 10 kilometer per jam, sampai dengan 20 kilometer per jam. Artinya jika uji coba ini tak ada halangan, hari ini bisa kembali beroperasi," kata Purwanto, petugas Railink.

Sementara itu, Kepala Divisi I PT Waskita Karya, Ignasius Joko Herwanto, mengatakan proses investigasi internal kejadian ini bisa berlangsung lebih dari sebulan.