Sukses

Pemprov DKI Gaet Swedia dan Austria Kembangkan ERP

Progres ERP sendiri, kata Sandiaga, sedang dalam tahap lelang atau tender yang bersifat terbuka.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berniat menggaet Austria dan Swedia dalam mengembangkan sistem Electronic Road Pricing (ERP) atau jalan berbayar elektronik di Jakarta. Kedua negara tersebut diwakilkan masing-masing duta besarnya untuk Indonesia.

Progres ERP sendiri, kata Sandiaga, sedang dalam tahap lelang atau tender yang bersifat terbuka. Rencananya, pada Oktober mendatang akan diketahui siapa pemenang dari tender itu.

"Berkaitan dengan ERP, sekarang masuk ke tahapan lelang. Insya Allah akan dihadirkan dengan kolaborasi dari Swedia dan Austria," ucap Sandiaga usai menerima Duta Besar Austria dan Swedia di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2018).

Di kesempatan yang sama, Kepala Dishub DKI Jakarta Andri Yansyah menjelaskan, pembangunan ERP akan dibagi dalam dua tahap.

"Yang pertama dari Senayan ke Bundaran HI. Selanjutnya dari Bundaran HI sampai jalan Merdeka Barat," jelas dia.

Proses pembangunan sendiri akan memakan waktu paling lama setahun. Rencananya, pada 2019 ERP sudah benar-benar dapat diterapkan.

"Implementasinya akan dilakukan pada Oktober juga, karena proses pembangunan itu sekitar 10 bulan sampai 1 tahun," ucap Andri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tarif ERP

Dia menjelaskan, hingga kini belum ditentukan tarif untuk ERP. Nantinya akan disesuaikan dengan volume kendaraan dengan kapasitas jalan yang ada.

"Tarifnya yang akan kita gunakan adalah fluktuatif. Karena ERP ini tidak semata-mata mendapatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah). Tetapi memberikan keseimbangan antara volume kendaraan dengan kapasitas jalan," ujar Andri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.