Sukses

Aher Ungkap Faktor Penyebab Longsor di Puncak dan Cijeruk

Pemeliharaan lingkungan dari ancaman kerusakan diperlukan untuk menjaga keberlangsungan kehidupan masyarakatnya.

Fokus, Bogor - Tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian korban longsor yang terjadi di kawasan Riung Gunung,Puncak,Kabupaten Bogor. Pada Rabu siang, petugas mengerahkan alat berat, anjing pelacak, serta alat penyemprot air dari pemadam kebkaran untuk melakukan penyisiran.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Rabu(7/2/2018), Petugas memperluas wilayah penyisiran hingga ke bawah tebing untuk mencari tiga korban yang masih hilang. Saat bersamaan, polisi juga menutup jalur puncak untuk 10 hari kedepan sebagai langkah antisipasi longsor susulan.

Penutupan jalur Puncak ini berdampak pada pengalihan trayek angkutan umum rute Bogor-Cianjur ke jalur Jonggol atau Sukabumi. Akibatnya, para sopir ini menaikkan ongkos dua kali lipat dari biasanya karena harus menempuh perjalanan lebih jauh.

Di tempat terpisah, pemerintah provinsi Jawa Barat terus berkordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasi dampak dan penyebab bencana.

"Saya kira banyak faktor yah, kalau kawasan-kawasan gundul kan terus kita perbaiki, ditanami setiap tahun. Kemudian vila-vila yang salah dan melanggar aturan sudah sering kita tertibkan. Kemudian hal yang sama ketika terjadi kita melakukan investigasi dengan cepat," ujar Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan atau Aher.

Pemeliharaan lingkungan dari ancaman kerusakan diperlukan untuk menjaga keberlangsungan kehidupan masyarakatnya.