Sukses

Pesan Habib Ali untuk Kapolri Tito Karnavian

Selain memberi pesan, Habib Ali turut menyampaikan doa dan dukungan moril agar Kapolri Tito Karnavian bisa bekerja dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengunjungi Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf yang tengah terbaring sakit. Dalam kunjungan itu, Habib Ali sempat memberi pesan agar Tito dapat mengemban amanah sebagai pemimpin institusi Polri.

"Meminta agar saya menjalankan amanah dengan baik," ujar Tito di Majelis Ta'lim Al Afaf di Tebet, Jakarta Selatan pimpinan Habib Ali, Rabu (7/2/2018).

Sebagai Kapolri, Habib Ali berpesan agar Tito menjaga dan melindungi masyarakat Indonesia dan juga menjaga umat Islam.

"Apalagi beliau paham betul saya juga dari keluarga muslim. Keluarga besar saya dari nenek buyut saya semua sampai ke bawah semuanya muslim," imbuh Tito.

Selain memberi pesan, Habib Ali turut menyampaikan doa dan dukungan moril agar Tito bisa bekerja dengan baik. Tito juga sempat diminta agar mampu menjaga keutuhan umat.

"Sekaligus juga menjaga umat yang beliau sampaikan sambil keluar air mata karena kecintaan beliau kepada umat islam," tutur Tito.

Tito Karnavian pun akan berusaha melaksanakan amanah dan pesan yang disampaikan oleh Habib Ali sebaik mungkin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral Video Kapolri Tito

Video pidato Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang viral di media sosial menuai polemik. Polri menyebut, video tersebut telah dipotong. Sehingga pesan yang disampaikan Tito tidak utuh.

"Itu sudah dipotong-potong jadi kalimat tidak utuh. Bagaimana kalimat tidak utuh berarti pesan tidak utuh juga, tidak sampai," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal di Rumah Dinas Kapolri, Jalan Pattimura, Jakarta Selatan, Rabu (31/1/2018).

Akibatnya, lanjut Iqbal, pesan yang tidak utuh itu menimbulkan interpretasi yang berbeda dan cenderung menyalahkan Kapolri. Padahal, pidato yang disampaikan pada Februari 2017 lalu itu dimaksudkan untuk memperkuat tali silaturahmi dengan semua ormas Islam.

"Ingat, semua (ormas Islam), kecuali ada kelompok yang ingin merongrong NKRI," kata dia.

Jenderal bintang satu ini menduga, ada pihak yang sengaja memunculkan isu tersebut. Kendati, Polri belum berpikir untuk melakukan penyelidikan terkait penyebaran penggalan video pidato yang viral ini.

Apalagi Polri telah bertemu dengan sejumlah perwakilan ormas Islam dan memberikan penjelasan secara lengkap mengenai pidato tersebut. Sehingga tidak ada lagi kesalahpahaman yang dapat memicu kegaduhan.

"Kita tidak berpikir sampai sana dulu. Langkah pertama untuk bersilaturahmi, tabbayun dengan ormas Islam, agar niatnya baik," ucap Iqbal.

 

3 dari 3 halaman

Penggalan Isi Video

Berikut penggalan pidato Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang tersebar di media sosial dan memicu polemik:

"Perintah saya melalui video conference minggu lalu, 2 minggu lalu saat Rapim Polri, semua pimpinan Polri hadir, saya sampaikan tegas menghadapi situasi saat ini, perkuat NU dan Muhammadiyah. Dukung mereka maksimal.

(suara tepuk tangan).

Semua Kapolda saya wajibkan membangun hubungan dengan NU dan Muhammadiyah tingkat provinsi. Semua kapolres wajib untuk membuat kegiatan-kegiatan untuk memperkuat para pengurus cabang di tingkat kabupaten-kota.

Para kapolsek wajib, di tingkat kecamatan, bersinergi dengan NU dan Muhammadiyah. Jangan dengan yang lain.

(tepuk tangan hadirin)

Dengan yang lain itu nomor sekian. Mereka bukan pendiri negara, mau merontokan negara malah iya.

Tapi yang konsisten dari awal sampai hari ini itu adalah NU dan Muhammadiyah. Termasuk hubungan. Kami berharap hubungan NU dan Muhammadiyah juga bisa saling kompak satu sama lainnya.

Boleh beda-beda pendapat, tapi sekali lagi kalau sudah bicara NKRI, mohon, kami mohon dengan hormat, kami betul-betul titip kami juga sebagai umat muslim, harapan kami hanya kepada dua organisasi besar ini.

Selagi NU dan Muhammadiyah itu menjadi panutan semua umat Islam Indonesia, kita yakin negara kita tidak akan pecah seperti Siria, Irak, Libia, Mesir, tidak akan bergolak. Karena dua tiang ini jelas, ideologinya jelas, sangat pro-Pancasila."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini