Sukses

Wiranto: Myanmar Akan Belajar Penanganan Teror ke Indonesia

Menko Polhukam Wiranto mengatakan, pemerintah Myanmar akan mengirimkan militernya ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Wiranto mengatakan, pemerintah Myanmar akan mengirimkan militernya ke Indonesia. Hal ini dilakukan untuk belajar dengan Indonesia mengenai penanganan terorisme.

"Bulan ini mereka akan kirim militer Myanmar ke Indonesia untuk bagaimana cara menghabisi teroris," ucap Wiranto di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Dia menuturkan, hal ini dilakukan, intuk mengantisipasi adanya anggota ISIS yang menyelinap di antara pengungsi di Bangladesh, saat kembali ke Rakhine State.

"Myanmar paham bahwa dalam keadaan kusut seperti itu, ada kemungkinan ISIS akan masuk, akan menjadikan basis baru di wilayah Asia Tenggara, yakni di Rakhine State. Kalau kita tidak waspada saat pengungsi balik dari Bangladesh ke Myanmar," ungkap Wiranto.

Namun, dia menepis, kehadiran mereka ini untuk melakukan pelatihan militer bersama. Dia menegaskan kehadiran tentara Myanmar ini untuk belajar bagaimana menangani terorisme untuk mengantisipasi ISIS agar tidak membuat basis di negara tersebut.

"Bukan pelatihan militer, tapi itu masalah terorisme. Nah, Indonesia dengan negara ASEAN lainnya, berkali-kali melakukan satu koordinasi dan kerja sama dalam penanggulangan terorisme dan berhasil," jelas Wiranto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagi Ilmu

Menurut dia, dengan hal ini, maka Indonesia bisa membagi ilmu bagaimana mengatasi masalah yang ada di Myanmar. Terutama menghadapi terorisme seperti ISIS.

"Ingin memberikan ilmu dan sumbang pikir kepada Myanmar, agar jangan sampai dijadikan basis baru disana," tandas Wiranto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan
    Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan

    Wiranto

  • Negara yang terkenal dengan sumber daya alam yang banyak serta ekonominya yang stabil.
    Negara yang terkenal dengan sumber daya alam yang banyak serta ekonominya yang stabil.

    Myanmar