Wali Kota Jakut: Kondisi Waduk Pluit Masih Normal

Oleh Moch Harun Syah pada 06 Feb 2018, 01:34 WIB
Waduk Pluit

Liputan6.com, Jakarta - Walikota Jakarta Utara Husen Murad mendatangi Waduk Pluit, Jakarta Utara, Senin (5/2/2018) malam. Husen ingin memastikan bahwa semua pompa di Waduk Pluit siap digunakan dan bisa bekerja.

Menurut dia, saat ini kondisi pompa sudah siap. Husen juga menyebutkan bahwa ketinggian air di Waduk Pluit masih normal.

"Melihat situasi di waduk Pluit kan itu diperkirakan bermuara ke sini. Semua pompa siap beroperasi, bekerja baik, sampai saat ini kondisi air normal, aman, mengalir air dari hulu bisa dikendalikan," kata Husen di lokasi.

Husen menuturkan, ada beberapa lokasi aliran air yang harus diawasi. Selain di waduk Pluit, pihak Pemprov juga melihat aliran air di Kanal Banjir Barat (KBB) dan Kanal Banjir Timur (KBT). Namun Husen belum bisa memastikan berapa volume air yang akan ditampung Waduk Pluit.

"Sebagian liat aliran ke sini, sebagian terbagi ke KBB (Kanal Banjir Barat) dan KBT (Kanal Banjir Timur). Ciliwung akan masuk aliran Kali Barat dan waduk Pluit secara teknis tidak bisa dipastikan berapa persen," tutur Husen.

Petugas pengawas pompa Waduk Pluit, Edi Priyatno mengatakan, ketinggian air di waduk Pluit dibawah atau kurang dari 150 cm atau siaga 4.

"Sekarang masih normal," imbuh Edi.