Longsor, Jalur Puncak Ditutup hingga Selasa Siang

Oleh Achmad Sudarno pada 05 Feb 2018, 18:40 WIB
Diperbarui 05 Feb 2018, 18:40 WIB
Longsor Terjadi di Tiga Titik, Arus Lalu Lintas Puncak Dialihkan
Perbesar
Polisi berjaga di lokasi longsor yang terjadi di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat (5/2). Menurut Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama terjadi longsor di empa titik, di dekat Masjid Atta'awun, Riung Gunung, Gran Hill dan Widuri. (Foto: Lantas Bogor)

Liputan6.com, Jakarta - Tim gabungan akhirnya berhasil membersihkan material longsor di jalur Puncak, tepat di Riung Gunung, Desa Tugu Selatan, Cisarua Bogor, Jawa Barat. Meski begitu, baik jalur mengarah Cianjur maupun sebaliknya masih ditutup.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama menjelaskan, jalur Puncak masih ditutup karena kondisi tanah di beberapa titik lokasi masih labil sehingga rawan longsor susulan.

"Tebing yang longsor masih rawan, harus ditutup pakai terpal. Kita sedang nunggu," kata Hasby di lokasi longsor Riung Gunung, Senin (5/2/2018).

Oleh sebab itu, jalur Puncak ditutup jika kondisi di beberapa titik lokasi, khususnya di kawasan Riung Gunung, dinyatakan aman untuk dilintasi kendaraan.

"Perkiraan kita baru buka jalur ini Selasa siang, karena kalau malam ini masih rawan longsor," kata dia.

Arus kendaraan dari Cianjur menuju Jakarta dialihkan ke jalur Jonggol, sedangkan kendaraan dari arah Jakarta diarahkan ke jalur Sukabumi.

 

7 Titik Longsor

Longsor Terjadi di Tiga Titik, Arus Lalu Lintas Puncak Dialihkan
Perbesar
Kondisi longsor yang terjadi di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat (5/2). Telah terjadi longsor di empat titik di daerah Puncak. (Foto: Lantas Bogor)

Hasby menyebutkan ada tujuh titik lokasi longsor di sepanjang jalur Puncak. Akibat kejadian ini, satu orang tewas (sebelumnya disebut dua) atas nama Lilis (40).

Adapun dua anak Lilis, yaitu Fajril (3) dan Khofipih (6), selamat dari maut. Satu orang lainnya, Fitria (38), juga selamat.

"Satu tewas dan tiga luka tertimpa longsor di sekitar Masjid Atta'awun. Mereka pemilik warung di sana," ujar Hasby.

Hingga saat ini, tim gabungan dari TNI/Polri dan Damkar masih mencari tiga orang yang dilaporkan tertimbun longsor saat melintas di Riung Gunung.

"Kami mendapat laporan dari saksi ada dua motor terdiri tiga orang tertimbun longsor. Makanya kita masih lakukan pencarian," terang Hasby.

Lanjutkan Membaca ↓