Sukses

Sandiaga Uno Siapkan Lokasi Baru untuk PKL Jalan Sudirman

Sandiaga Uno akan mencarikan lahan untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berdagang di trotoar kawasan Jalan Sudirman.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan mencarikan lahan untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berdagang di trotoar kawasan Jalan Sudirman. Dia mengatakan, telah ada beberapa pelaku usaha di sekitar Sudirman yang menawarkan lahan untuk menampung pedagang.

"Kemarin pengusahanya sudah datang di kantor gubernur dan mereka prinsipnya mendukung, karena ini prinsipnya sementara," ujar Sandiaga Uno di Jakarta Pusat, Sabtu (3/2/2018).

Menurut dia, hal ini merupakan usulan baik selama kegiatan berjualan tidak membahayakan bangunan. Sandiaga Uno pun tak mau menyalahkan para PKL di trotoar yang sebenarnya diperuntukan bagi para pejalan kaki.

"Mereka (PKL) menjual produk-produk yang banyak diperlukan masyarakat juga," kata Sandiaga Uno.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) Irwandi menjelaskan, nantinya para pedagang tidak akan ditempatkan jadi satu, melainkan dibagi-bagi. Terdapat 150 pedagang akan dibagi ke tiga lokasi.

"Lokasinya di sekitar Sudirman di belakang, di dekat Benhil (Bendungan Hilir), dan ada juga di belakang di dekat Penjernihan Bendungan Hilir. Kami sudah siapkan ada dua titik," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disterilkan

Irwandi telah berkoordinasi dengan camat dan lurah setempat, dan telah siap untuk merelokasi PKL ke lokasi tersebut. Menurutnya, lokasi lama PKL di Sudirman akan disterilkan.

"Segera direlokasi, karena kemarin kita baru melakukan penataan, penertiban Sudirman. Karena mereka masuk Sudirman kan mereka nggak boleh. Jadi itu jalur khususnya, itu tempat-tempat yang memang steril," ucapnya.

Jika ada PKL yang belum tertampung, kata Irwandi, maka akan dicarikan lokasi saat car free day (CFD) Thamrin yang digelar setiap hari minggu. Namun, hal tersebut hanya berlaku untuk sementara waktu.

"Mereka juga akan memakai tempat yang akan kita usahakan di Thamrin itu," imbuhnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.