Sukses

Top 3 News Hari Ini: Teka-teki Isi Brankas di Vila Zumi Zola

Top 3 News Hari Ini, saat vila Zumi Zola digeledah, petugas KPK dikabarkan menemukan sebuah brankas besar yang terletak di lantai satu.

Liputan6.com, Jambi - Top 3 News Hari Ini, kasus suap dana RAPBD Jambi yang menjerat tiga pejabat dan satu anggota DPRD, menyeret sang gubernur, Zumi Zola. Berawal dari saksi, kini berembus kuat Zumi Zola akan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Terkait itu, KPK menggeledah rumah dinas Gubernur Zumi Zola dan vila keluarganya. Penggeledahan ini adalah tindak lanjut dari penyelidikan kasus dugaan suap Rencana Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi 2018.

Saat penggeledahan di vila Zumi Zola, petugas KPK dikabarkan menemukan sebuah brankas besar yang terletak di lantai satu. Apa isi brankas tersebut? Apakah uang dalam jumlah yang sangat besar? Atau berupa dokumen penting?

Sementara itu, rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengubah nama Jalan Mampang Raya dan Buncit Raya di Jakarta Selatan menjadi Jalan AH Nasution disambut baik oleh cucu Jenderal AH Nasution, Marina Nasution.

Namun, wacana Anies ini menuai kritikan dari Sejarawan JJ Rizal. Menurutnya langkah Anies dirasa tidak tepat dan sangat disesalkan. Karena Jalan Buncit Raya dan Mampang Raya mengandung sejarah dan ciri khas masyarakat Betawi.

Pemerhati kebudayaan Betawi, Fadjriah Nurdiarsih juga menolak rencana tersebut. Menurutnya, Warung Buncit dan Mampang, merupakan kearifan lokal yang tak bisa dilepas dari kehidupan sehari-hari orang Betawi. 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 News Hari Ini:  

1. Misteri Brankas Besar di Vila Zumi Zola

Gubernur Jambi Zumi Zola tengah diusut KPK atas kasus dugaan suap RAPBD Jambi 2018. (Liputan6.com/B Santoso)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dinas Gubernur Jambi Zumi Zola. Petugas juga menggeledah mobil dinas dan vila milik keluarga Zumi Zola.

Penggeledahan ini adalah tindak lanjut dari penyelidikan kasus dugaan suap Rencana Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi 2018.

Meski demikian, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang belum mau memberikan pernyataan resmi soal kabar dan kebenaran bahwa Zumi Zola telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Ini tanggapan Zumi Zola atas penggeledahan rumah dinasnya oleh KPK?

Selengkapnya...

2. HEADLINE: Jalan AH Nasution, Jasa Pahlawan Vs Budaya Betawi

Bus Transjakarta melintas di Jalan Mampang Prapatan Raya, Jakarta, Kamis (6/10). Pemprov DKI Jakarta berencana mengganti bus Transjakarta dengan merek berstandar dunia seperti bus lower deck tipe low entry K250 Scania. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemprov DKI Jakarta berencana mengubah nama Jalan Mampang Raya dan Buncit Raya di Jakarta Selatan menjadi Jalan AH Nasution, nama Pahlawan Nasional.

Kawasan yang berubah namanya menjadi Jalan AH Nasution mulai dari perbatasan Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jalan Mampang Raya, Jalan Buncit Raya (Jalan Warung Jati Padang) sampai perbatasan Jalan Letjen TB Simatupang (perempatan lampu merah).

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga akan merevisi Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 28 Tahun 1999 tentang Pedoman Penempatan Nama Jalan, Taman dan Bangunan Umum.

Kapan perubahan itu dilakukan Anies?

Selengkapnya...

3. Zumi Zola Terjerat Kasus Suap Ketuk Palu, Ini Harta Kekayaannya

Gubernur Jambi, Zumi Zola melambaikan tangan jelang meninggalkan gedung KPK, Jakarta, Senin (22/1). Zumi Zola dimintai keterangan terkait penyelidikan baru terkait kasus dugaan suap dana APBD Provinsi Jambi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi sinyal kuat Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai tersangka kasus dugaan suap ketuk palu APBD Provinsi Jambi tahun anggaran 2018.

Berdasarkan laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang Liputan6.com akses melalui acch.kpk.go.id, Kamis (1/2/2018), harta orang nomor satu di Jambi itu sekitar Rp 3 miliar.

Dalam LHKPN 2015, Zumi Zola tercatat memiliki harta tidak bergerak yang dia dapat di tahun 2014. Yakni tanah dan bangunan seluas 332 m2 dan 260 m2 di Jakarta Selatan dengan nilai Rp 1.029.200.000.

Lalu, apa saja harta bergerak Zumi Zola?

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini