Dijanjikan Jadi TKI, Puluhan Wanita Diduga Jadi Korban Perdagangan

Oleh Mevi Linawati pada 01 Feb 2018, 14:05 WIB

Patroli, Bengkalis - Polres Bengkalis, Riau, mendata 23 perempuan asal Jawa Barat. Para perempuan yang berusia antara 17 hingga 46 tahun itu ditemukan telantar di dalam sebuah ruko di Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Riau.

Mereka dijanjikan akan dijadikan TKI di Malaysia. Namun sudah beberapa minggu, mereka hanya ditampung di sebuah ruko dua lantai.

Seperti ditayangkan Patroli Siang, Kamis (1/2/2018), kasus perdagangan manusia atau human trafficking tersebut terbongkar, berkat laporan warga yang resah dengan keberadaan puluhan wanita dalam ruko tersebut. Para korban mengaku mereka tertarik untuk ikut karena dijanjikan segera dipekerjakan di Malaysia tanpa prosedur berbelit.

Sebelum dipulangkan ke kampung halaman masing-masing, ke-23 perempuan itu ditampung sementara di Dinas Sosial Provinsi Riau, sekaligus untuk menjalani pemulihan bila ada trauma atau sakit.

Sementara itu, polisi juga telah menangkap dua pelaku, yakni seorang pria dan seorang perempuan. Keduanya kini tengah menjalani pemeriksaan di Mapolda Riau.