Sukses

Meriahnya Nobar Gerhana Bulan di Pantai Ancol

Canda dan tawa pengunjung pun membuat nonton langsung Supermoon di Ancol terasa meriah.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan pengunjung memadati kawasan pantai timur Ancol, Jakarta Utara, Rabu malam. Para pengunjung berjejal hingga ke bibir pantai demi menyaksikan fenomena gerhana bulan total.

Sebagian besar dari pengunjung juga membawa kamera dan teropong kecil untuk melihat penampakan gerhana bulan. Saat malam mulai menjelang, para pengunjung mulai menggunakan alat teropong dan kamera mereka.

Pantauan Liputan6.com, para pengunjung saling bergantian melihat penampakan gerhana bulan lewat teropong atau kamera yang mereka bawa. Canda dan tawa pengunjung pun membuat nonton langsung Supermoon di Ancol terasa meriah.

"Penasaran. Mana sih, kok belum keliatan," kata Inke Alya, salah satu warga Jakarta yang ikut memenuhi lokasi, Rabu (31/1/2018).

Inke mengaku bersama teman-temannya sengaja datang ke Ancol lantaran penasaran dengan fenomena gerhana bulan total. Apalagi, bulan sempat terlihat tertutup awan dari kawasan Ancol, sehingga makin menambah penasaran para pengunjung.

Namun demikian, Inke yang datang dengan lima orang rekannya sejak Rabu sore tadi mengatakan menikmati suasana nonton bareng gerhana bulan. Dia pun mengaku telah membawa bekal makanan dari rumah.

"Ya sambil makan bareng kawan kan enjoy juga. Liburan sekaligus bersyukur masih diberi umur panjang menyaksikan fenomena alam yang katanya cuma 150 tahun sekali," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target 30 Ribu Pengunjung

Gerhana bulan total diprediksi menghiasi langit Indonesia pada Rabu (31/1/2018) malam. Fenomena alam langka Super Blue Blood Moon yang terjadi 150 tahun sekali itu dapat disaksikan warga Jakarta dari Pantai Ancol mulai pukul 18.48 WIB sampai pukul 22.11 WIB.

Corporate Communication PT Ancol Rika Lestari mengatakan, pihaknya menggandeng BMKG untuk menyebar pengetahuan sekaligus mendampingi warga yang ingin melihat gerhana bulan.

"Kami bekerja sama dengan BMKG untuk menyediakan teropong dan nantinya akan ada edukasi seputar fenomena alam tersebut dari BMKG," kata Rika kepada Liputan6.com, Rabu (31/1/2018).

Rika menyebutkan, dari daya tarik fenomena itu, puluhan ribu pengunjung diprediksi akan mendatangi Ancol untuk menyaksikan gerhana bulan.

"Karena ini targetnya edukasi jadi target weekdays 20-30 ribuan, Mas. Tapi itu jumlah pengunjung sampai malam. Kalau untuk kegiatan pemantauan kami optimis 1.000 orang," imbuh Rika.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.