Sukses

Langit Bogor Tertutup Awan dan Hujan Saat Gerhana Bulan

Fenomena Gerhana Bulan ini akan menyebabkan perubahan cuaca serta memengaruhi pasang air laut.

Liputan6.com, Bogor - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dramaga, Bogor, Jawa Barat, memperkirakan cuaca di wilayah Bogor, Jawa Barat, akan diguyur hujan saat terjadi fenomena Gerhana Bulan Total atau Super Blue Blood Moon.

Kepala BMKG Dramaga Budi Suhardi memperkirakan, hujan dengan intensitas ringan akan terjadi di beberapa wilayah di Jawa Barat termasuk Bogor. Bahkan, awan diperkirakan akan menutupi Gerhana Bulan pada Rabu malam ini.

"Terdeteksi di Bogor itu tertutup awan 37 persen. Diperkirakan terjadi hujan juga, tapi hujan ringan," ucap Budi, Rabu (31/1/2018).

Fenomena langka ini akan menyebabkan perubahan cuaca serta memengaruhi pasang air laut. Namun, BMKG terus melakukan pengamatan untuk melihat dampak terhadap peningkatan kondisi cuaca, seperti temperatur serta kelembapannya.

"Ada pengaruh cuaca karena Gerhana Bulan. Apalagi untuk perilaku hewan dan tanaman. Artinya, pada saat itu (Gerhana) Bulan yang seharusnya menyinari Bumi, tapi ini terhalang," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fase Gerhana

Gerhana Bulan akan mulai terjadi pada pukul 17.49 WIB dan masuk gerhana total pada 19.51 WIB. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 20.29 WIB dan berakhir pada pukul 21.08 WIB.

Di waktu itu, bulan menunjukkan tiga fenomena sekaligus, yaitu supermoon, blue moon, dan Gerhana Bulan, yang dijuluki NASA sebagai fenomena Super Blue Blood Moon.

Fenomena langka yang dapat diamati di Indonesia ini muncul karena Matahari, Bumi, dan Bulan berada dalam satu garis. Saat itu, Bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.