Sukses

Buwas Akan Pensiun, Polri Siapkan Kriteria Kepala BNN

Menurut Setyo, kriteria Kepala BNN pengganti Buwas harus perwira tinggi Polri yang memiliki latar belakang reserse.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso akan pensiun pada Maret 2018. Namun hingga kini, belum ada nama yang muncul di permukaan sebagai pengganti jenderal yang karib disapa Buwas itu.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengaku belum mengetahui secara spesifik siapa sosok yang bakal mengganti Buwas di BNN. Yang pasti Polri memiliki cukup banyak stok untuk mengisi jabatan tersebut.

"Bisa dari (jenderal) bintang dua, bisa bintang tiga," ujar Setyo saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2018).

Menurut Setyo, kriteria Kepala BNN pengganti Buwas harus perwira tinggi Polri yang memiliki latar belakang reserse. Kandidat tersebut juga harus pernah menangani kasus narkoba dalam waktu yang tidak sebentar.

"Minimal penah menangani narkoba, kasus-kasus minimal lima tahun kalau enggak salah. Kemudian masa dinas sampai pensiunnya masih cukup, kalau enggak salah tiga atau dua tahun," dia menerangkan.

Tidak ada yang istimewa terkait pergantian jabatan Kepala BNN. Menurut Setyo, mutasi jabatan di tubuh Polri merupakan hal yang alamiah.

Bukan hanya Buwas, beberapa perwira tinggi Polri juga akan pensiun pada Maret 2018. Rotasi jabatan tersebut telah disiapkan. "Tentunya Asisten SDM sudah memikirkan itu. Supaya yang pensiun ya pensiun dengan baik, sedangkan yang masih tugas mendapatkan promosi jabatan, amanah baru," ucap Setyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buwas soal Penggantinya

Sementara itu, Buwas berharap meski sudah tidak di bawah kepemimpinannya, BNN tetap mendapat dukungan dari lembaga dan kementerian, termasuk TNI, dalam memberantas peredaran narkoba.

"Tahun depan saya akan mengakhiri tugas di BNN. Harapannya tentu BNN tetap harus terdukung dan dikuatkan dengan sinergitas dari kementerian/lembaga, termasuk teman-teman TNI," ujar Budi Waseso di Gedung 745 Teknik Sanitasi Angkasa Pura II Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis 28 Desember 2017.

Dia juga yakin penggantinya akan memimpin BNN jauh lebih baik darinya. Dia berharap penggantinya akan meneruskan sistem yang dibangunnya.

"Karena saya sudah bangun sistem di BNN. Pengganti saya nanti pasti lebih hebat daripada sama saya. Percaya sama saya," kata Budi Waseso.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.