Sukses

Transjakarta: Tanah Abang Explorer Belum Bisa Beroperasi

Keputusan mengenai beroperasinya lagi Bus Transjakarta Tanah Abang Explorer akan ditentukan usai pertemuan dengan pihak terkait.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Humas PT Transjakarta Wibowo belum bisa memastikan kapan Bus Transjakarta Tanah Abang Explorer akan kembali beroperasi. 

Hal ini terkait aksi penutupan jalan yang dilakukan ratusan sopir angkot jurusan Tanah Abang, Senin, 29 Januari 2018. Para sopir menuntut agar Pemprov DKI membuka Jalan Jatibaru seperti sedia kala.

"Kita belum tahu, tapi hari ini kita pastikan tidak operasi karena kemarin ada aksi penutupan jalan," ujar Wibowo di kawasan Tanah Abang, Selasa (30/1/2018).

Menurut Wibowo, keputusan mengenai beroperasinya lagi Bus Transjakarta Tanah Abang Explorer akan ditentukan usai pertemuan dengan beberapa pihak terkait termasuk sopir angkot mengenai permintaan dibukanya kembali Jalan Jatibaru.

"Kami kan hanya sebagai operator bus, kami menunggu juga. Kalau memang besok kita (ber)operasi, ya kita (ber)operasi," tutur Wibowo.

Sementara itu, sempat beredar kabar bahwa aksi lanjutan akan kembali dilakukan para sopir angkot. Namun, sampai pukul 11.00 WIB, belum ada aksi.

Menurut beberapa sopir angkot, mereka tidak mengantongi izin sehingga aksi lanjutan belum bisa dilakukan. Ratusan polisi pun terlihat berjaga di kawasan Tanah Abang mengantisipasi.

Kendati demikian Wibowo tetap enggan mengoperasikan Bus Transjakarta Tanah Abang Explorer sampai menunggu hasil pertemuan. "Kami juga sudah menyampaikan permohonan maaf, karena tidak bisa beroperasi," ucap Wibowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hentikan Operasional

Aksi mogok sopir angkot jurusan Tanah Abang berdampak pada operasional bus Transjakata gratis, Tanah Abang Explorer. PT Transportasi Jakarta pun menghentikan sementara pelayanan bus gratis yang berkeliling di Tanah Abang itu.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, Transjakarta menghentikan operasional bus Tanah Abang Explorer terhitung 30 Januari 2018.

"Pengoperasian kembali bus Tanah Abang Explorer menunggu situasi kondusif," ujarnya di Jakarta, Senin 29 Januari 2018.

Menurut Budi, penghentian operasional bus Tanah Abang Explorer telah melalui rekomendasi dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta. "Kami sudah berkoordinasi dengan Dishub," katanya.

PT Transjakarta, kata Budi, meminta maaf kepada masyarakat karena operasional bus Tanah Abang Explorer terpaksa berhenti sementara. Ia berjanji bus gratis akan kembali beroperasi saat kondisi Tanah Abang kembali kondusif.

"Bus akan kembali melayani publik setelah situasi kondusif," ucap Budi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.