Sukses

Medal Ghazi Amanullah Jadi Spirit Baru Jokowi dalam Perdamaian

Presiden Joko Widodo dianugerahi Medal of Ghazi Amanullah dari Presiden Afghanistan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dianugerahi Medal of Ghazi Amanullah dari Presiden Afghanistan. Penyematan medali ini sebagai penghormatan atas keteguhan dan keberanian Jokowi dalam memajukan hubungan bilateral Indonesia-Afghanistan, terutama dalam mengupayakan perdamaian di Afghanistan.

Penganugerahan dilakukan pada jamuan santap siang kenegaraan yang diadakan Presiden Mohammad Ashraf Ghani di Istana Presiden Arg, Afghanistan, Senin, 29 Januari 2018 kemarin.

"Terima kasih atas anugerah Medal Ghazi Amanullah. Medal ini akan menjadi spirit baru untuk upaya meningkatkan hubungan bilateral dan perdamaian," kata Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menyampaikan pesan perdamaian kepada Presiden Mohammad Ashraf Ghani dan sejumlah jajarannya.

"Perdamaian bukan situasi yang datang dari langit. Perdamaian harus diupayakan," kata Presiden Jokowi.

Indonesia, ucap Jokowi, akan terus mendukung upaya rekonsiliasi dan perdamaian di Afghanistan.

"Marilah kita bergandeng tangan untuk menciptakan perdamaian. Marilah kita bergandeng tangan untuk memelihara perdamaian. Marilah kita bergandeng tangan untuk menciptakan dunia yang sejahtera bagi semua," tutur Jokowi.

"Saya yakin, dengan rahmat Allah SWT perdamaian, persatuan, dan pembangunan akan dapat kita raih bersama. Saya senantiasa mendoakan kesehatan Presiden Ghani serta kemakmuran kedua rakyat kita," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiba di Tanah Air

Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Selasa (30/1/2018) pagi tadi, usai lawatannya ke lima negara, yakni Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan.

Saat turun dari Pesawat Kepresidenan, Jokowi dan Iriana disambut oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Kemudian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.