Sukses

Komisi I DPR Gelar Rapat Perdana dengan Panglima Baru TNI

Rencananya, rapat tersebut akan diselanggarakan pada pukul 10.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi I DPR RI menggelar rapat bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu hari ini, Senin (29/1/2018).

Rencananya, rapat tersebut diselanggarakan pada pukul 10.00 WIB.

Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, Meutya Hafied menyatakan rapat ini merupakan penyelenggaran pertama pascapergantian Panglima TNI pada akhir 2017.

"Betul ini rapat pertama pasca pergantian," kata Meutya saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta.

Rapat tersebut akan membahas mengenai evalusai kinerja Kemhan dan TNI selama 2017. Selanjutnya mengenai program kerja Kemhan dan TNI pada 2018 dan realisasi penyerapan anggaran pada 2017.

Hadi resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Surat penunjukan Hadi diserahkan Mensesneg Pratikno kepada Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Senin 4 Desember lalu.

Pada 5 Desember 2017, surat tersebut dibacakan dalam rapat paripurna DPR. Rabu 6 Desember 2017, Hadi menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai Panglima TNI di Komisi I DPR.

Hasil fit and proper test langsung dibawa ke sidang paripurna. Seluruh anggota parlemen menyetujui penunjukan Hadi sebagai Panglima TNI. Usai proses tersebut, Hadi dilantik oleh Presiden Jokowi pada Jumat, 8 Desember 2017.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.