Sukses

Top 3 News Hari Ini: Fakta di Balik Isu Gempa terkait Gerhana

Top 3 News Hari Ini, benarkah fase bulan berpengaruh pada aktivitas geologi, khususnya gempa?

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News Hari Ini, terletak dalam jalur Pacific Ring of Fire membuat Indonesia menjadi negara yang kerap mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Apakah gempa yang terjadi baru-baru ini bisa berpotensi tsunami? Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menegaskan, hal tersebut sangat mungkin terjadi. Namun, kapan, di mana, dan berapa besar, belum ada yang bisa memprediksi.

Pada Selasa siang, 23 Januari 2018 kemarin, warga Ibu Kota dikejutkan dengan guncangan hebat. Meja dan gedung-gedung tinggi tempat mereka bekerja bergetar. Mereka yang panik langsung menuju tangga darurat untuk melarikan diri.

Setelah diusut, gempa tersebut tidak berpusat di Jakarta. Episentrum gempa 6,1 skala Richter (SR) terjadi di Lebak, Provinsi Banten. Apakah gempa kemarin ada kaitannya dengan gerhana bulan akhir Januari?

Belum surut rasa kekhawatiran warga Jakarta dan Banten khususnya, hari ini gempa kembali mengguncang Ibu Kota, pada pukul 13.34 WIB. Meski getarannya lebih rendah, warga yang masih syok meramaikan lini masa dengan beragam komentar.

Berdasarkan keterangan dari BMKG gempa hari ini berkekuatan 5,1 Skala Richter. Gempa tersebut berpusat di laut, 72 Barat Daya Lebak, Banten.

Sementara itu, lewat akun instagram @basukibtp, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri. Ahok juga mengunggah momen saat bersama Megawati.

Tak lupa, Ahok juga mengucapakan belasungkawa kepada politikus Sys NS yang belum lama ini telah berpulang.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 News Hari Ini

1. HEADLINE: Gempa di Jakarta terkait Gerhana Bulan Akhir Januari?

Pengunjung dan karyawan berhamburan keluar dan berkumpul di lobi pusat perbelanjaan Senayan City, Jakarta, Selasa (23/1).  Mereka panik setelah terjadi gempa berkekuatan 6,4 skala Richter yang berpusat di Lebak, Banten. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Guncangan hebat yang dirasakan warga Jakarta Selasa siang, sejatinya tak berpusat di ibu kota. Episentrum gempa 6,1 skala Richter berada di laut, 43 km barat daya Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Cilangkahan, Provinsi Banten.

Namun, lagi-lagi, peristiwa tersebut membuktikan satu hal: Jakarta, kota terpenting di Indonesia, rentan gempa. Belum lagi reda rasa was-was, beredar kabar tentang potensi lindu atau gempa yang lebih besar lagi. 

Ahli Geologi Gempa Bumi LIPI, Danny Hilman Natawidjaja mengatakan, gempa susulan biasa terjadi. Namun, kekuatannya tak sebesar yang utama. 

Meski demikian, perlu dipahami masyarakat Indonesia bahwa negara ini terletak di lingkaran 'cincin api Pasifik' atau Pacific Ring of Fire dan daerah kedua yang paling aktif di dunia.

Gempa yang berpusat di Banten terjadi pada Selasa 23 Januari 2018 pukul 13.34 WIB, berdekatan dengan prediksi gerhana bulan pada 31 Januari 2018. Benarkah fase Bulan berpengaruh pada aktivitas geologi, khususnya gempa?

Selengkapnya...

2. Warga Jakarta Kembali Rasakan Gempa

Hari ini, Jumat, 30 Desember 2016, gempa guncang Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat. (Ilustrasi Gempa: cdn.abclocal.go.com)

Gempa kembali menggoyang Jakarta, Rabu (24/1/2018), meski tidak terasa sekuat gempa yang berpusat di Lebak, Banten, pada Selasa 23 Januari kemarin. Gempa dirasakan beberapa detik sekitar pukul 13.34 WIB. 

Sontak lini masa pun ramai dengan berbagai ciutan warganet yang merasakan guncangan di Jakarta. "I felt another shaking in Jakarta 2 minutes ago @lastquake Any news..? #Gempa," tulisnya.

Begitupun akun @OysteinLAnderse yang merasakan gempa kecil, "Is it me or we just had another small #earthquake in #Jakarta? #Gempa."

Berdasarkan keterangan dari BMKG gempa hari ini berkekuatan 5,1 Skala Richter. Apakan berpotensi tsunami?

Selengkapnya...

3. Suka Duka Ahok untuk Megawati dan Sys NS

Terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berunding dengan tim penasehat hukum setelah pembacaan putusan sidang di Kementan, Jakarta, Selasa (9/5). Majelis Hakim menjatuhkan vonis selama dua tahun penjara terhadap Ahok. (Liputan6.com/sigid Kurniawan/Pool)

Meski berada di balik jeruji besi rumah tahanan Brimob, Kelapa Dua, Depok, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masih bersuara. Melalui timnya, Ahok mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-71 untuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, Ahok juga mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya aktor yang juga politikus Sys NS.

"Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya @sys_ns . Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan," ungkap Ahok di akun instagramnya.

Selengkapnya... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini