Pemilik Ferrari B 1 RED Rutin Ke Sentul, Latihan Balap?

Oleh Nanda Perdana Putra pada 24 Jan 2018, 17:04 WIB
Diperbarui 26 Jan 2018, 16:13 WIB
Penampakan rumah pemilik Ferrari B 1 RED

Liputan6.com, Jakarta - Ketua RT 003 RW 03, Kampung Baru, Jakarta Barat, Sanwanih menyampaikan bahwa Andi Firmansyah, pemilik Ferrari B 1 RED yang menunggak pajak mengaku rutin ke Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Akhir-akhir ini rutin ke Sentul," tutur Sanwanih saat berbincang dengan Liputan6.com di kediamannya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (24/1/2018).

Menurut Sanwanih, Andi mengatakan hal tersebut pada Maret 2017 lalu saat kegiatan penunjukan ketua RT yang baru. Sepulang dari Sentul, pria yang diketahui bekerja sebagai kepala sekuriti di Tanah Abang itu datang larut malam.

"Saya udah lama enggak ketemu. Terakhir pengukuhan RT di sini dia datang udah malam. Dia bilang baru pulang dari Sentul," jelas dia.

Hanya saja, Andi enggan membeberkan kegiatannya di wilayah yang memiliki sirkuit balap mobil dan motor itu. Selebihnya warga kemudian melanjutkan kegiatan kepengurusan RT lingkungan tersebut.

"Ada apaan? Bisnis? Adalah, jawabnya (Andi) gitu," Sanwanih menandaskan.

2 of 3

Tidak Ganti Alamat KTP

Begini Penampakan Rumah Sederhana Pemilik Ferrari B 1 RED (Liputan6.com/Nanda Perdana)
Begini Penampakan Rumah Sederhana Pemilik Ferrari B 1 RED (Liputan6.com/Nanda Perdana)

Menurut Sanwanih, meski sudah tiga tahun pindah dari kontrakan lamanya di Jalan Kebon Jeruk Raya, Gang Y RT 6 RW 15 Nomor 85A, dia tidak juga mengganti alamat KTP-nya.

"Lu sudah tinggal di sini tiga tahun lebih pindahin dong data lu, KTP. Masih yang lama aja. Saya bilang gitu. Nanti kalau ada apa-apa saya nggak berani tanggung jawab ya. Nggak saya urusin bang saya," tutur Sanwanih saat berbincang dengan Liputan6.com di kediamannya, Rabu (24/1/2018).

Menurut Sanwanih, Andi dan keluarganya dikenal tidak pelit. Mereka tidak segan mengeluarkan uang untuk santunan dan keperluan warga sekitar.

"Setiap tahun dia (santunan). Ramadan tuh pasti buka bersama dan santunan anak yatim. Tiap bulan puasa. Kalau Idul Adha biasanya kan dia motong sapi di rumahnya untuk kerabat dan anak buahnya istilahnya begitu. Itu saya disuruh sebar kuponnya ke tetangga-tetangga," jelas dia.

Andi juga ramah dan mau berkumpul dengan warga yang masih duduk-duduk di warung meski baru saja pulang larut malam dari pekerjaannya. Segera setelah memarkir mobilnya, penunggak pajak Ferrari B 1 RED itu langsung keluar rumah dan ikut ngopi bareng.

"Sering sih nggak. Ya jarang lah kalo ngobrol bersama," Sanwanih menandaskan.

3 of 3

Anak Buah Lulung

Wanita Asal Tiongkok Putuskan Pacar karena Mobil Mewahnya Palsu
Logo mobil 'Zhongtai' yang terdapat dalam mobil pacarnya. Source: ET Today

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Lulung mengakui, pemilik supercar tersebut adalah bekas anak buahnya.

"Itu dulu, kerja sama saya," kata Lulung saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (24/1/2018).

Lulung tidak menjelaskan kerja sama yang dimaksudnya itu. Namun dia berseloroh, Andi Firmansyah yang dikenalnya saat ini sudah kaya raya dan diduga tidak mengenalnya lagi.

"Sekarang sudah kaya. Dia enggak kenal sama saya," ujar Lulung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓